Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Sosial Guru BK dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan dan Konseling

Sonia Oktaviana, Tyas Martika Anggriana, Diana Ariswanti Triningtyas

Abstract


Persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling adalah suatu aktivitas siswa dalam mengindera, mengintegrasikan serta memberikan penilaian terhadap layanan bimbingan konseling yang ada disekolah. Sampai saat ini peran konselor dalam bimbingan dan konseling di sekolah dipandang siswa sebagai polisi sekolah, karena pekerjaan sehari hari hanya menginterogasi, mengadili dan menindak siswa yang terlambat, jarang masuk sekolah dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru BK di SMK Negeri 1 Geger Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam penelitian ini menggunakan 2 sumber data yaitu sumber primer dan sekundur. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan snowball sampling. Penelitian ini dilakukan teknik pengumpulan data yang menggunakan pedoman wawancara, menggunakan triangulasi sumber untuk validitas data dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kompetensi sosial guru BK secara kesuluruhan adalah sudah baik, mereka sudah mulai menyukai guru BK dan sudah ada rasa nyaman untuk terbuka dengan guru BK

Keywords


Persepsi Siswa, Kompetensi sosial

Full Text:

PDF

References


Annilnna Raudhatul Adha. (2022). Pelrselpsil Silswa Telrhadap Kolmpeltelnsil Solsilal Guru BK Dil SMP Nelgelril 4 Banda Acelh. Unilvelrsiltas Ilslam Nelgelril Ar-Ranilry Darussalam-Banda Acelh

Asnila. (2020). Pelrselpsil Silswa Telrhadap Guru Bilmbilngan Kolnsellilng Dil SMA Nelgelril 1 Sarudu Kelcamatan Sarudu Kabupateln Pasangkayu Prolvilnsil Sulawelsil Barat. Fakultas Ushuluddiln Adab Dan Dakwah Ilnstiltut Agama Ilslam Nelgelril Palu

Filrman Palgunadil. (2014). Pelrselpsil Silswa Kellas X Telrhadap Prolfelsilolnalilsmel Guru Kolmpeltelnsil Kelahlilan Telknilk Kelndaraan Rilngan Dil SMK Nelgelril 2 Yolgyakarta. Unilvelrsiltas Nelgelril Yolgyakarta.

Huda, M. N. (2017). Pelran Kolmpeltelnsil Solsilal Guru dalam pelndildilkan. Ta'dilbil: Jurnal Manajelmeln Pelndildilkan Ilslam, 6(1), 42-62.

Mulyadil. (2016). Bilmbilngan Kolnsellilng dil Selkollah & Madrasah. Jakarta: Prelnada Meldila Grolup. Prayiltnol, Elrman Amtil, Dasar-dasar Bilmbilngan dan Kolnsellilng, (Jakarta: PT Rilnelka Cilpta, 2015)

Siti Aisyah. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Tugas Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Di SMP Tri Sukses Boarding School Jambi. Fakultas Keguruaan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Sugilyolnol. (2016). Meltoldel Pelnelliltilan Kuantiltatilf, Kualiltatilf dan R&D. Bandung: PT Alfabelt. Surawan & Yulilanil., (2022). Kolntrilbusil Kolmpeltelnsil Solsilal Guru dalam Melmbelntuk Karaktelr Silswa. Attractilvel : Ilnnolvatilvel Elducatiloln Jolurnal, 4(2). 281- 287

Wardani, S. Y., Kadafi, A., & Dewi, N. K. (2023). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Literasi Digital Siswa di Masa Pandemi Covid-19. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(2), 84–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i2.3135

Yasilkol, Dilnil, Dkk. (2021). Analilsils Kolmpeltelnsil Solsilal Guru Selkollah Dasar Gugus Ilv Kelcamatan Sukajadil Kolta Pelkanbaru. IlRJEl: JURNAL.1(3), 110-116

Yunilta, W. (2019). Pelrselpsil Masyarakat Mellayu Kutil Telrhadap Pelran Nilnilak Mamak Selbagail Kolnsellolr Dalam Pelnyelkelsailan Masalah Anak Kelmanakan Dil Delsa Rambah Hillilr Pasilr Pelngarailan.1-15

Zahara, C. Il., Lubils, L., & Azilz, A. (2019). Hubungan Pelrselpsil Silswa telrhadap Kolnsellolr dan Sarana Prasarana Bilmbilngan Kolnsellilng delngan Milnat Layanan Kolnsellilng. Tabularasa: Jurnal Illmilah Magilstelr Psilkollolgil, 1(2), 116-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: