Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management

Abilia Maya Ditasari, Tyas Martika Anggriana, Neneng Sri Sulastri

Abstract


Masa Remaja ialah sebuah masa pencarian jati diri, yang individu banyak melakukan hal baru salah satunya didasari atas keinginan sendiri maupun mengikuti temannya seperti adanya perilaku menunda – nunda mengerjakan tugas atau prokrastinasi akademik yang marak dilakukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi pada beberapa peserta didik SMK melalui layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdisi dari empat tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pedoman observasi untuk mengamati perilaku prokrastinasi akademik, dengan analisis pada perilaku yang belum dilakukan. Hasil analisis data diperoleh rata – rata prosentase perilaku prokrastinasi setelah diberikan tindakan pada siklus satu 79% dan pada siklus dua menjadi 42%. Sehingga mengalami penurunan sebanyak 37%. Hal ini membuktikan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas X TITL 1 SMKN 1 Bendo

Keywords


Prokrastinasi akademik, bimbingan kelompok, self – management.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Faiz dan Siti Fitriana. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal. 2 (1).

Asmara, Tejo. (2021). Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 4 (1).

Asri, Dahlia Novarianing. (2018). Prokrastinasi Akademik. Madiun: UNIPMAPress.

Asri, D. N., & Kadafi, A. (2020). Effects of self-instruction and time management techniques in group counseling to reduce academic procrastination. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 112–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v5i32020p112

Ayuni, Shela Nanda. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Jurusan Tari Di SMK Negeri 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2021/2022. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6 (2).

Fitia, Heppy., dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas. 4 (2).

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati S. (2012). Teori – Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ilyas, Muhammad., dan Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Islam. Volume. 41, Nomer. 1.

Imran, Nur Azizah. (2020). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai.

Indriyarti, Anis Wiwin. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Mengerjakan Tugas Tepat Waktu. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. 2 (1).

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2018). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami. Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Dan Konseling), 4(2), 181–193. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2019). INTERNALISASI NILAI RELIGIUS DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 140–144. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/779

Kurniawan, Drajat Edy. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 2 (1).

Mayasari, Dian. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri Pontianak. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4 (1).

Mustakien, Tatan Z. (2012). Analisis Prokrastinasi Tugas Akhir/ Skripsi. Jurnal Formatif. Volume. 2, Nomer. 1.

Sari, Widya Permata., dkk. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa MTs. Educational Guidance and Counseling Development Jounal. 6 (1).

Setiawan., dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA Universitas Suryakancana. 9 (1).

Suparwi, Sri. (2019). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Self Control Dan Perbedaan Gender Pada Mahasiswa IAIN Salatiga. Salatiga: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: