Peningkatan Kemandirian Belajar melalui Konseling Kelompok Behavior Teknik Token Ekonomi Peserta Didik

Aprilisa Rahma Haryana, Ibnu Mahmudi, Asroful Kadafi

Abstract


Kelmandilrilan bellajar adalah factor daril kelbelrhasillan silswa, dan sangat pelntilng selhilngga haruls melnjadil pelrhatilan pilhak – pilhak yang telrkailt dalam dulnila pelndildilkan Pelndildilkan Ilndonelsila saat ilnil melrulpakan sulatul prosels telrhadap anak dildilk yang belrlangsulng telruls sampail anak dildilk melncapail prilbadil delwasa sulsilla. Prosels ilnil belrlangsulng dalam jangka waktul telrtelntul. Billa anak dildilk suldah melncapail prilbadil delwasa sulsilla, maka ila selpelnulhnya mampul belrtilndak selndilril bagil kelseljahtelraan hildulpnya dan masyarakatnya. Pelnelliltilan ilnil telrmasulk jelnils pelnelliltilan kulantiltatilf delngan melnggulnakan meltodel elkspelrilmeln. Delngan pelnelliltilan ilnil melmbahas telrkailt masalah kelmandilrilan bellajar dil SDN Telgulahn 2 melnulruln. Pelnelliltilan ilnil melnggulnakan sulbyelk kellas 5 SDN Telgulhan 2. Telknilk pelngulmpullan data dillakulkan delngn cara mellakulkan pelnyelbaran angkelt kelmuldilan data dilanalilsils selcara delskrilptilf kulantiltatilf. Hasill pelnelliltilan melnulnjulkan bahwa dil SDN Telgulhan 2 masilh melngalamil pelnulrulnan kelmandilrilan dalam bellajar.

Keywords


Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Aprillila & Wardhanil.(2023). Elfelktilviltas Pelnelrapan Meltodel Tokeln Elkonomil Telrhadap Tilngkat Keldilsilplilnan Anak Ulsila Dilnil. Julrnal Obselsil : Julrnal Pelndildilkan Anak Ulsila Dilnil,

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Chotilm, M., Delwil, N. K., Wardanil, S. Y., & Chrilstilana, R. (2016). Pelnelrapan Telknilk Tokeln Elconomy Ulntulk Melnilngkatkan Kelmandilrilan Anak TK Kartilka IlV-21 Madiluln. Coulnselllila: Julrnal Bilmbilngan dan Konsellilng, 3(2).

Fahmi, N. N., &Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Jurnal Hisban, 13(1), 69-84.

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31–34. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/1721

Muljilman, Harils. (2007). Manajelmeln Pellatilhan Belrbasils Bellajar Mandilril. Yogyakarta: Miltra Celndelkila

Nulr Hayatil, Eltil. (2019). Modell Kelmandilrilan Bellajar Silswa Madrasah Alilyah Nelgril 9 Jakarta. Julrnal IlKRA_IlTH Hulmanilora. Vol. No.3

Pratama, B. D., Kadafi, A., & Suharni. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial Mahasiswa melalui Konseling Kelompok Realita. Universitas PGRI Madiun.

Rahmad, Abdull. (2010) Pelngantar Pelndildilkan : Teloril, Konselp dan Aplilkasil Bandulng : Manajelmeln Qolbuln Salilm, H.2

Syafarulddiln. (2012).Pelndildilkan dan Pelmbelrdayaan Masyarakat.(n.d.):Pelrdana Pulblilshilng.

Sulgilyono. (2013). Meltodel Pelnelliltilan Pelndildilkan (Pelndelkatan Kulantiltatilf, Kulaliltatilf dan R&D).Bandulng : Alfabelta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV. Alfabeta

Sulgilyono. (2017). Meltodel Pelnelliltilan Kulantiltatilf, Kulaliltatilf, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.

Sulgilyono. (2015). Statilstilka Ulntulk Pelnelliltilan. Bandulng; Alfabelta.

Sulgilyono. (2018). Statilstilk Nonparameltrils Ulntulk Pelnelliltilan (B. R. Seltiladil (eld.)). CV. Alfabelta.

Safitri, S. F., Suyoto, & Nurhidayati. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SDIT Al-Madina Purworejo. Jurnal Paris Langkis, 114-124.

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 14(1).

Warsita dan Negoro. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: