Fenomena Perilaku Cyberbullying pada Kalangan Siswa SMK

Fitrianingtiyas Eka Pratiwi, Rischa Pramudia Trisnani, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Peran kemajuan teknologi pada masa sekarang umunya diharapkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya. Kecenderungan dalam mengakses internet maupun media sosial tanpa disadari memunculkan fenomena cyberbullying yang banyak ditemukan pada kalangan siswa. Perilaku cyberbullying yang dilakukan siswa seperti, pencemaran nama baik, berkata kasar, berkomentar negatif di media sosial, mengumbar aib, penguntitan di dunia maya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran perilaku cyberbullying pada kalangan siswa di SMK Negeri 1 Wonoasri dan faktor penyebabnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan juga dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel  dengan teknik purposive sampling dan dengan jumlah informan 3 orang siswa yang menjadi pelaku cyberbullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena perilaku cyberbullying pada kalangan siswa di SMK Negeri 1 Wonoasri sering menjadi permasalahan yang kerap ditemui di sekolah dengan bentuk yang paring sering dilakukan adalah flaming, denigration, dan cyberstalking.

Keywords


Perilaku Cyberbullying, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, F. (2022). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Cyberbullying (Studi Kasus Pada SMP Negeri 10 Tarakan). (Tesis Universitas Borneo Tarakan).

Dewi, N. K., & Affifah, D. R. (2019). Analisis perilaku cyberbullying ditinjau dari big five personality dan kemampuan literasi sosial media. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 79-88.

Eleanora, F. N., & Al Adawiah,R. (2021). Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) dan Upaya Preventif di Kalangan Siswa SMK Bangun Persada Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(2), 203-208.

Frundika, B. A., & Efendi, D. A., (2023) Riset : Belajar Offline ke Online Tingkatkan Kasus Cyberbullying di Murid SMA. [Online]. https://www.suara.com [Diakses Pada 10 Mei 2023]

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita,M., & Suhendrik. (2015). Dampak Media Sosial Dalam Cyberbullying. Journal ComTech : Computer, Matemathics and Engineering Applications,6(1), 72

Jalal dkk. (2020). Faktor-Faktor Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 146–154.

Kemp, S. (2023).Indonesian Digital Report 2022. In We Are Social and Hotsuite. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Kominfo. (2015). "Kominfo : Menkominfo: Pasal 27 Ayat (3) UU ITE Tidak Mungkin Dihapuskan". [online]. https://www.kominfo.go.id [Diakses pada 07 Mei 2023]

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Marlina, M. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Intensitas Hubungan Komunikasi Orang Tua Dan Anak Usia Dini. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 1(1).

Mutma, F. S., (2019). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Komunikasi, 13(2), 165-182

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring Cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69-74.

Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying. Khizanah Al-Hikmah, 4(1), 38.

Safaria, T., Tentama, F., & Suyono, H., (2016). Cyberbully,Cybervictim, and Forgiveness among Indonesian high School Students. TOJET : The Turkish Online Journalof Educational Technology, 50(3), 393-417

Wardani, S. Y., Kadafi, A., & Dewi, N. K. (2023). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Literasi Digital Siswa di Masa Pandemi Covid-19. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(2), 84–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i2.3135

Willard, N. (2007). Educator’s guide to Cyberbullying and cyberthreats. Center for safe and responsible use of the Internet, 17, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: