Peran Orang Tua dalam Penerapan Layanan Penguasaan Konten terhadap Permasalahan Belajar pada Siswa Kelas V

Ariga Bahrodin, Machmudah Machmudah

Abstract


Orang tua seringkali harus mengontrol dan mengingatkan anaknya yang sedang belajar di rumah karena kurang motivasi belajar atau merasa lesu saat melakukannya. menerapan cara melakukan penguasaan konten cara melakukan ajaran yang berupaya untuk mengatasi permasalahan belajar yang sedang dihadapi siswa kelas V SD Negeri Pucangro Gudo Jombang. Teknik deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini akan bersifat kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Untuk mengatasi kemalasan dan kebosanan belajar anak saat belajar di rumah, layanan penguasaan konten dengan menggunakan paradigma Teams Games Tournament. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan layanan penguasaan konten untuk mengatasi permasalahan pembelajaran pada siswa kelas V di SD Negeri Pucangro Gudo Jombang diselesaikan secara efektif, dan siswa benar-benar mendapat manfaat dari hasilnya. Kemampuan berpikir dan bertindak siswa dalam upaya mengatasi masalah pembelajaran dapat dilihat dari hasil wawancara. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai setiap mata pelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Pucangro Gudo Jombang yang mencapai KKM sebesar 75,00.

Keywords


Peran Orang Tua, Layanan Penguasaan Konten, Permasalahan Belajar

Full Text:

PDF

References


Bahrodin, A., & Widiyati, E. (2021). Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas Vi Pada Pembelajaran Tatap Muka ( Ptm ) Terbatas. Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021, 2, 1–8.

Deliati… (2018). Faktor Pendidikan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19… Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tingkat Atas.

Hariyanto, A… (2019). Teams Games Tournament Dan Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. ..Yogyakarta: Deepublish.

Heru… (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten untuk Mengatasi Burnout Belajar Siswa Kelas X SMS Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. SKRIPSI, 1.

Millah, N. W., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial. Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 151-166.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Rosdakarya.

Pendidikan, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Program Pembelajaran. Jakarta.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sholikhah, S. A., & Bahrodin, A. (2021). Korelasi Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika. Inovasi Kurikulum, 18(2), 242–252. https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.39560

Syafei. (2002). Tuntunan Praktis untuk Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Syah, M. (2016). Psikologi Belajar. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: