Pengaruh Self Awareness dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Kematangan Karir Siswa

Berliana Yogi Nurani, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Abstract


Self awareness serta dulkulngan teman sebaya berpengarulh besar terhadap Kematangan karir. Secara ulmulm tuljulan penelitian ini adalah ulntulk mengetahuli pengarulh self awareness dan dulkulngan teman sebaya terhadap kematangan karir siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Geger tahuln ajaran 2022/2023. Penelitian ini merulpakan penelitian korelasional yang menggulnakan pendekatan kulantitatif dengan metode  ex post facto. Popullasi dalam penelitian ini berjulmlah 72 siswa dan sampel sejulmlah 60 siswa.peneliti menentulkan julmlah sampel menggulnakan rulmuls slovin, sedangkan pengambilan sampel menggulnakan teknik simple random sampling. Data yang didapatkan peneliti dianalisis menggulnakan bantulan SPSS 24.0 dengan rulmuls produlct moment dan regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakulkan dan dilanjultkan dengan analisis data serta penguljian hipotesis dapat disimpullkan bahwa hipotesis pertama yang berbulnyi ada pengarulh self awareness terhadap kematangan karir siswa kelas XI TBSM SMKN 1 Geger tahuln ajaran 2022/2023. Hipotesis kedula yang berbulnyi ada pengarulh dulkulngan teman sebaya terhadap kematangan karir siswa kelas XI TBSM SMKN 1 Geger tahuln ajaran 2022/2023 diterima. Hipotesis ketiga yang berbulnyi ada pengarulh self awareness dan dulkulngan teman sebaya terhadap kematangan karir siswa kelas XI TBSM SMKN 1 Geger tahuln ajaran 2022/2023. Maka ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima

Keywords


Self awareness, Dukungan Teman Sebaya dan Kematangan Karir

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Dan Internal Locus Of Control Terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI MADIUN. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 86–96. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.463

Arfah, T., & Bakar, I. P. S. (2019). Kontribusi Kesadaran Diri (Self-Awareness) Dan Harapan (Hope) Terhadap Career Adaptability Mahasiswa. ALGAZALI: International Journal of Educational Research, 2(1), 73–80.

Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karir Remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art3

Dewi Fortuna, N., Bisri, M., Bagus Priyambodo, A., & Dyah Hapsari, A. (2022). Hubungan Self Awareness dan Kematangan Karir Siswa SMK “X” Blitar. Jurnal Flourishing, 2(4), 247–256. https://doi.org/10.17977/10.17977/

Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). (2012). Kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan coping stress pada remaja. Jurnal Soul (2012) 5(2) 55-66, Vol 5 No 2(Vol 5 No 2 (2012): SOUL).

Hamid Darmadi. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial : (teori konsep dasar dan implementasi). Alfabeta.

Hamzah, A. (2019). Kematangan Karier Teori dan Pengukurannya (N. A. Rahma (ed.)). Literasi Nusantara.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan Teman Sebaya dan Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5189

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami untuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4482

Kamil, B., & Daniati, D. (2017). Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 185–196. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.565

Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3(2), 21–30.

Munna, A. C. (2018). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas XII SMK N 1 Kendal. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 000.

Muntamah, M., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Kelekatan Terhadap Teman Sebaya Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Trucuk Klaten. Jurnal EMPATI, 5(4), 705–710. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15446

Rahmawati, W. K., Pendidikan, F. I., & Jember, I. P. (2016). Keefektifan Peer Support untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 15–21.

Sastrawinata, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Diri, Pengaturan Diri, Motivasi, Empati, dan Ketrampilan Sosial Terhadap Kinerja Auditor Pada KAP di Kota Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya :, Juli, 1–23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suparno, S. F. (2017). Hubungan Dukungan Sosial dan Kesadaran Diri dengan Motivasi Sembuh Pecandu Napza. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4358


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: