Peningkatan Keterampilan Menjaga Pertemanan melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window

Yesi Kartini, Tyas Martika Anggriana, Siti Sofiah

Abstract


Pertemanan adalah hubungan antara dua individu atau lebih dalam menghabiskan waktu yang banyak untuk bersama, berinterkasi dalam situasi apapun dan saling memberikan bantuan. Hubungan pertemanan yang dilakukan secara dekat dan mendalam mampu untuk meningkat lebih jauh menjadi sebuah tali persahabatan apabila terjalin komunikasi dengan baik oleh individu yang terlibat. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 1 Maospati terdapat peserta didik yang masih tidak memiliki teman, sering adanya salah paham dan bercanda yang melebihi batas sehingga muncul perselisihan atau konflik. Selain itu, hal yang paling berat yaitu menyebabkan perkelahian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menjaga pertemanan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Maospati pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek 4 peserta didik kelas VII D yang memiliki tingkat pertemanan yang rendah atau sulit menjalin hubungan pertemanan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan dengan melalui layanan bimbingan kelompok teknik johari window dapat mengingkatkan keterampilan menjaga pertemanan. Hal tersebut dibuktikan terdapat peningkatan setiap siklus.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Teknik Johari Window, Keterampilan Menjaga Pertemanan

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2017). Peran konselor dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa difabel. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 146–151. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/390

Baron, R.A & Branscombe, N. (2011). Social Psychology. Boston: Pearson.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desousa, D. A & Santos, E. (2012). Intimate Friendship Relationships Between Young Adults. Paideia, Vol. 22 (53), hal. 325-333.

Hanifa, S.N. (2013). Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window pada Siswa Kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami untuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4482

Kadafi, A., Wiyono, B. B., Muslihati, M., & Ramli, M. (2021). Improving prosocial behavior through virtual media based on religious values in elementary school students. Pegem Ogitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), 230–236. https://doi.org/https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.22

Kurniawan, Y & Sudrajat, A. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15(2), hal. 149-163.

Osmanoglu, D. E. (2019). Expansion of the Open Area (Johari Window) and Group Work Directed to Enhancing the Level of Subjective Well-being. Journal of Education and Training Studies, Vol. 7(5), hal. 76-85.

Li, Z. F. (2010). Bridging the gap: Intercultural friendship between Chinese and Americans. Tesis Tidak Dipublikasikan. Liberty University, Virginia.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LLPM UM METRO, Vol. 1(1).

Saxena, S. (2016). Keterbukaan Diri dalam Membangun Hubungan Persahabatan Diadik aki-laki dan Perempuan. Ultimacomm : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8(2), hal. 71-82.

Sherlyn, S., Hartini, S., & Manurung, Y.S. (2019). Intimasi Pertemanan ditinjau dari Self Disclosure pada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Prima Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), Vol. 2(1), hal. 36-46.

Stefanie, S. (2016). Keterbukaan Diri dalam Membangun Hubungan Persahabatan Diadik Laki-Laki dan Perempuan. Ultimacomm : Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 8(2), hal. 71-82.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: IKAPI.

Supratiknya, A. (1995). Komunikasi antar Pribadi, Tujuan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.

Tantra, D. K. (2015). Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Makalah pada Pelatihan PPKP dan PTK. Jakarta: Dirjen PT, Depdiknas.

Zain, N.A., Fadlilah, U., & Pralaska, F.S. (2019). “Johari Windows Games” sebagai Sarana Untuk Menghargai Diri di Siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, Vol. 1(1), hal. 204-211


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: