Keefektifan Konseling Kelompok Trait and Factor untuk Mengurangi Kecemasan dalam Perencanaan Karier pada Siswa

Anggie Anastasya Agustin, Tyas Martika Martika, Ratih Christiana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa SMA Negeri 4 Madiun, Khususnya kelas XI yang memiliki kecemasaan dalam perencanaan karier. Bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang minim terkait potensi diri yang mereka miliki, bingung, gelisah, pesimis, cemas dalam perencanaan karier serta memiliki motivasi yang kurang akan rencana masa depannya dan sebagian besar siswa yang belajar di SMA Negeri 4 Madiun berasal dari keluarga yang memiliki ekonomi menengah ke bawah yang menjadi penyebab sulitnya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok trait and factor dalam mengurangi kecemasan dalam perencanaan karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Madiun. Metode penelitian ini menggunakan Eksperiment. Sample yang diambil yaitu kelas XI dengan jumlah 8 siswa dari 55 responden yang memiliki kecemasaan dalam perencanaan karier yang berkriteria tinggi. Berdasarkan pada uji Shapiro-Wilk melalui SPSS dari variable kecemasaan perencanaan karier perolehan hasil signifikan (2-tailed) pre-test 0,014 dan post-test 0,146 > 0,05 maka nilai residual berdistribusi normal. Dan hasil uji paired samples statis melalui SPSS perolehan hasil mean pada pretest 88.63 dan mean posttest 62.63. Artinya ada penurunan terhadap kecemasaan dalam perencanaan karier pada siswa SMA Negeri 4 Madiun.

Keywords


Konseling kelompok, trait and factor, kecemasaan perencanaan karier

Full Text:

PDF

References


Agustin. (2019). Pengaruh Terapi Shalat Dhuha dalam Mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan Siswa di SMA Muhammadiyah 8 Gresik Skripsi. (Vol. 8(Issue 5)).

Fami, S. (2017). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam,.

Gail W. Stuart. (n.d.). Buku Saku Keperawatan Jiwa. In Buku Saku Keperawatan Jiwa. Alih Bahasa: Ramona P. Kapoh & Egi KomaraYudha. EGC.

Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The Impact of Islamic Counseling Intervention towards Students’ Mindfulness and Anxiety during the COVID-19 Pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018

Kukuh, J. A. (2013). Esensial Konseling: Pendekatan Trait and Factor Dan Client Centered. Garudhawaca.

M. Nur Ghufron& Rini Risnawita, S. (n.d.). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita, S. (n.d.). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Mahfud, M. (n.d.). Konseling Trait and Factor bagi Siswa yang Kesulitan dalam Memilih Program Belajar. Jurnal Fikroh, 9((2)), 125–143.

Muqaramma, R.-, Razak, A., & Hamid, H. (n.d.). Fenomena Kecemasan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Era Disrupsi 4.0. Educational Journal, 2(1), 28–33. Https://Doi.Org/10.54297/Seduj.V2i1.222.

Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R. P., & Fitriani, V. Y. (2013). Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.249

Nevid, J.S., Rathus, S.A., & Greene, B. (n.d.). Psikologi abnormal jilid 1 (alih bahasa). Erlangga.

Nikolaos Mouratoglou & George K. Zarifis. (2020). "The Contribution of Information Communication Technologies in Online Career Counseling.Community Within Higher Education.”. IGI Global.

Pratama, B. D., Kadafi, A., & Suharni. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial Mahasiswa melalui Konseling Kelompok Realita. Universitas PGRI Madiun.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Rajawali Pers.

Pulung, S. K. M. K. K. D. P. T. A. F. P. S. K. X. S. P. 4 K. K. T. P. 2017/2018. . (2018). Upaya Menurunkan Kecemasan Dalam Pemilihan Karir Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Trait And Factor Pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri. Simki.Unpkediri.Ac.Id.

Rivai dan Ella Sagala. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Pendidikan (Pendekatan Kantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Alfabeta). Bandung: Alfabeta.

Trias, R. N. R. & D. R. (2020). Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 11.

Vignoli, E. (2015). Career indecision and career exploration among older French adolescents: The specific role of general trait anxiety and future school and career anxiety. Journal of Vocational Behavior, 89, 182–191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: