Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Sikap Insecure pada Siswa

Fiki Febrian Dwi Prasetya, Arum Setiowati, Budi Astuti

Abstract


Pola asuh otoriter orang tua yang ketika membesarkan anaknya biasanya akan menggunakan peraturan-peraturan yang cermat dan ketat. Type pola asuh ini dapat membuat jarak  antara anak dan orang tua hal ini cenderung mengakibatkan anak akan merasa insecure yang mana ini menjadi permasalahan yang akan berpengaruh pada pola belajar, interaksi sosial yang mana anak akan sukar memahami potensi diri, tujuan dari langkah yang akan diambil, sulit membuat keputusan serta  anak akan kurang menghargai diri yakni anak akan memiliki sikap insecure. Jumlah sampel sebanyak 93 siswa yang dilakukan dengan teknik random sampling. Analisa data menggunakan teknik analisis Korelasi Person Product Momen. Dari hasil penelitian dapat diketahui pada hasil uji korelasi terdapat hubungan positif antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Sikap Insecure pada Siswa karena didapatkan nilai p = 0,000 < 0,05, dan pada hasil koefisien korelasi sebesar 0,600 berada pada koefisien 0,600 – 0,799 dengan kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan sikap insecure siswa rendah. Sehingga disimpulkan bahwa data variabel X dan Y  berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji linieritas hasil uji Linieritas memiliki nilai sig 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang lurus (linier) karena nilai 0,000 (p<0,05).

Keywords


Pola asuh, Otoriter, anak, siswa, sikap, insecure.

Full Text:

PDF

References


A.F Shafrilla, Ratna Erin. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati. Volume. 8,Nomor 1.

Abdullah Ma‟ruf, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, (Cet 1, Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdullah, Ma‟ruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman Yogjayakarta: Aswaja Pressindo.

Agustina Fitri. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Regulasi Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung. Jurnal Skripsi.

Aliu, Misran Rahman et al. (2019). Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B di TK Mutiara Desa Pohuwato Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato”. Jurnal Skripsi.

Aliu, Misran Rahman, dkk. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK Mutiara Desa Pohuwato Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Jurnal.

Amna Lamusu. (2022). WAKAMAD Bid. Kesiswaan di MAN Kota Sorong, Wawancara, 30 Juli 2022

Aya Mam‟luh. (2021). Konsep Percaya Diri Dalam Al-Qur‟an Surat Ali-Imran ayat 139”. Pendidikan dan Kajian Keislaman Vol.01, No. 1

D, Kartika. (1986). Dukungan Sosial Pada Perilaku Terhadap Orang Lain. Jurnal Psikologi XXIII. No 1

Ekadaya Y. Vianda. (2020). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan kepercayaan Diri Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung”. Jurnal Skripsi

Harahap, Marisa Apriliani, (2021). Dampak Insecure Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Di Desa Aek Suhat Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi. (Padang: Jurusan BKI IAIN Padangsidimpuan)

Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan, (Jakarta:Kalim)

Mardiana Nove, et al. (2021). Fenomena Insecure Pada Remaja Di Era Pandemic Covid-19:Studi Literatur”. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10, No. 2

Mas Diah A.A, M. Adijati. (2013). “Perbedaan Efikasi Diri Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Di Denpasar”. Jurnal Psikologi Udayana, Volume 1. Nomor 1

Maslow, Abraham. (1981). The Dynamics of Psychological Security-Insecurity. .Jurnal of Personality, 10. No. 4

Muawwana, Ayu. (2017). Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini”. As-Sibyan. 2, No. 1 (2017) 48-56

No Name (16 Tahun). (2022). Siswa/I Kelas X MIPA di MAN Kota Sorong, Wawancara, 30 Juli 2022

P. Wahyu Nindawati. (2011). “Upaya Meningkatkan Kepercyaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Jambu”. Jurnal Skripsi.

Rohmatun, (2013). ”Hubungan Self Efficacy Dan Pola Asuh Otoriter Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa”. Jurnal Tesis.

Rohmatun, (2014). “Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Self Efficacy Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang”. Volume 9, Nomor 2.

Salim, Syahrum. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta) http://repository.unib.ac.id/8180/1/IV,V,LAMP,I-14-hen-FE.pdf

Sumbono, Anang. (2014). Panduan SPSS untuk Statistika Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Deepublish.

Syahrum, Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka

Trijono Rahmat. (2015).”Metode Penelitian Kuantitatif”. Cet 1, Depok: Papas Sinar Sinanti

Ulvina Selvi. (2018). Peran Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Self Efficacy Mahasiswa Dalam Penyelesaian Studi (Studi Pada Mahasiswa Jurusan BKI Angkatan 2014 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Y.S Viena Yomima. (2016). Pengaruh Self-efficacy Dan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Prestasi Belajar Melalui Self Regulated Learning Sebagai Mediator Pada Siswa Kelas VII SMPN 139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: