Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa

Tegar Bagus Sadewa, Silvia Yula Wardani, Asroful Kadafi

Abstract


Resiliensi merupakan keterampilan yang harus dimiliki siswa karena permasalahan muncul dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mempengaruhi aktivitas siswa dan pencapaian tujuan hidup. Dengan demikian siswa dapat mengatasi masalahnya sendiri dan menjadi seorang yang resilien serta bisa belajar dengan efektif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self-management untuk meningkatkan resiliensi siswa Kelas VII MTSS Gupi Dongko Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen one group pre-test dan post-test dengan populasi 25 siswa. Disini peneliti mengambil 10 sample sample di ambil berdasarkan dengan perilaku resiliensi yang paling rendah. Sebelum melakukan analisis data dalam penelitian ini di lakukan uji normalitas sebagai syarat untuk uji hipotesis, dalam penelitian ini mengunakan uji hipotesis yaitu uji paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis dengan menerima hipotesis awal atau berarti terdapat perbedaan antara sebelum diberikan layanan dan sesudah diberikannya layanan. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan diadakannya bimbingan kelompok dengan teknik Self-management dapat meningkatkan perilaku resiliensi pada siswa kelas VII MTs GUPPI Dongko, Kota Trenggalek.


Keywords


Bimbingan Kelompok Teknik Self-management, Resiliensi Siswa

Full Text:

PDF

References


Asri, D. N., & Kadafi, A. (2020). Effects of self-instruction and time management techniques in group counseling to reduce academic procrastination. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 112–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v5i32020p112

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azzahra. (2017). Pengaruh Resiliensi Terhadap Distres Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal ilmiah psikologi trapan. 5(1).80-96.

Hariansyah dan Kurniawati. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 2 (2), 1-5.

Harmini. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Kencana

Ibrahim, Alang, Madi, Baharuddin, Ahmad, & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami untuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4482

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2018). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami. Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Dan Konseling), 4(2), 181–193. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882

Koroh dan Andriany. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resiliensi Warga Binaan Pemasyarakatan Pria: Studi Literatur. Journal of Holistic Nursing and Health Science. 3 (1), 64-74.

Nursalim. (2014). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Academia Pratama

Pratiwi dan Pravesti. (2022). Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Kelas X SMA. Jurnal bimbingan dan Konseling. 6 (2), 216-225.

Putri Dan Tobing. (2020). Tingkat Resiliensi Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia. 10 (1), 1-6.

Ramadani dan Pravasti. (2023). Efektivitas Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Individual Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran. 40 (1), 22-29

Salsadilla dan Rahmulyani. (2022). Gambaran Resiliensi Siswa Dalam Menghadapi Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Ajaran 2021/2022. Indonesian Counseling And Psychology. 2 (2), 10-24.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instument Penelitian. Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: