Upaya Pengelolaan Pelayanan Bimbingan Belajar terhadap Gangguan Inatensi pada Murid MI ABI Huroiroh Perak

Devia Laila Anggraeni, Cahya Dwi Hidayati, Ruli Afifa Sari, Ariga Bahrodin

Abstract


Kurangnya konsentrasi dan kefokusan menjadi salah satu factor pemting yang membuat adanya kesulitan dalam mengembangkan bakat yang dimilinya. Sementara itu, bakat keahliannya bakat keahliannya sangat terlihat efektif, apalagi dengan anak seusianya. Berdasarkan hal itu, untuk mencukupi keperluan pembelajaran pada anak inatensi sangatlah sulit, dan diperlukan pemahaman serta kecakapan yang lebih dan yang sekaligus (fundamental) yaitu dengan ketahanan, keseriusan, serta ketabahan dalam mendampingi dan mendidik anak inatensi. Anak yang memiliki gangguan inatensi dalam hal belajar, sungguh berbeda dengan anak-anak yang lain.

Abstract
Therefore, it is very necessary for parents and institutions, especially the MI Abu Huroiroh Perak school to be able to establish good cooperation and find various ways to be able to sort out various learning models that are suitable for inattentive children. The teacher's efforts in providing service management to inattentive children at MI Abi Huroiroh Perak are by designing individualized education programs or individual programs that contain activities such as singing, brain exercise. clapping, taking care of children's diet, exercising, morning exercise, walking around the school and playing while learning. Management efforts also implement the transfer of children with special needs with attention disorders to move sitting positions by being in the front row seats, this aims to facilitate the relationship between teachers and inattentive students so that it is easier for teachers to pay attention and deal with children who have inattention disorders


Keywords


Bimbingan Belajar, Gangguan Inatensi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman & Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta Alfabeta

Bahrodin, A., Halida, R. E., & Ul’arifah, T. R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Sesuai Klasifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SD Inklusi Pelangiku Jombang). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 137–150. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.587

Bahrodin, A., & Widiyati, E. (2021). Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas Vi Pada Pembelajaran Tatap Muka ( Ptm ) Terbatas. Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021, 2, 1–8.

Baihaqi dan M.Sugiarmin. (2008). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama.

Bandi Delphie, (2006), Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.

Daryanto dan Suryatri Darmiatun, (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Evenden, J. L, (1999). Varieties of impulsivity. Psychopharmacology, 146(4),348-361.doi:10.1007/p100005481

Isna Perdana. (2012). Lebih Paham dan Dekat dengan Anak ADD dan ADHD.Yogyakarta: Familia

Kiki Lestari. (2012). Kunci Mengendalikan Anak dengan ADHD, Yogyakarta:Familia

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. 69–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

Martinus Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Refrensi.

Nana Sayodih Sukmadinata, (2009), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Novan Ardy Wiyani, (2016), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, cetakan 1. Jogjakarta: Gava Media.

Rohmawati A. (2020). Penanganan anak ADHD. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, Bandung: Rosdakarya.

Santrock, John W (2007), Perkembangan Anak.Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Suradawan Danim (2002) Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia. Hal 41.

Whiteside, S. P., & Lynam, D.R (2001). The Five Factor Model and impulsivity: using a structural model of personality to understand impulsivity. Personality and Individual Differences, 30, 669-689.doi:10.1016/S0191-8869(00)00064-7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: