Peran konselor/guru bimbingan dan konseling dalam memajukan program merdeka belajar

Kadek Suhardita, I Wayan Juliawan, Nyoman Rajeg Mulyawan, Ni Wayan Suastini, Putu Agus Semara Putra Giri

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru BK dalam memajukan program merdeka belajar. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan 1) Sehubungan diterapkannya program Merdeka belajar maka konselor dapat  mengoptimalkan perannya sebagai agen perubahan, sebagai agen pencegahan, sebagai konselor/ terapis, sebagai konsultan, sebagai koordinator, sebagai asesor, sebagai pengembang karir. 2) Langkah yang dapat dilakukan agar guru BK dapat berperan dalam program merdeka belajar dengan lebih baik adalah memahami lebih detail dan mendalam berbagai landasan peraturan, hakekat merdeka belajar serta petunjuk pelaksanaan program merdeka belajar, mengidentifikasi berbagai permasalahan yang muncul akibat program merdeka belajar, dan mengidentifikasi peran dan kegiatan yang dapat dilakukan guru BK.

Abstract
This article aims to describe the role of school counselors in the success of the Merdeka Belajar program.  Based on the discussion that has been done, it can be concluded that 1) In connection with the implementation of the Merdeka Belajar program, the counselor can optimize its role as an agent of change, as a preventive agent, as a counselor / therapist, as a consultant, as a coordinator, as an assessor, as a career developer. 2) Steps that can be taken so that BK teachers can play a better role in the independent learning program are to understand in more detail and in-depth the various regulatory bases, the essence of Merdeka Belajar and instructions for implementing the Merdeka Belajar program, identify various problems thatarise as a result of the Merdeka Belajar program, and identify roles and activities that can be carried out by school counselors


Keywords


Peran, Guru BK, Konselor, Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References


Barruth, L.G dan Robinson, E. H. (1987). An Introduction To The Counseling Profession. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Nofri Hendri. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Jurnal, E-Tech, Volume 08 Number 01 2020ISSN: Print 2541-3600–Online2621-7759

Nursalim, Mochamad. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Erlangga.

Nursalim, Mochamad. (2013). Optimalisasi Peran Konselor/Guru Bimbingan dan Konseling. Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru BK di Bangkalan tanggal 20 Desember 2011.

Sevima.com: (2018). Pengertian dan Manfaat Pembelajaran Blended Learning. Diakses Pada 19 Agustus 2022. (https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran-blended-learning/).

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Askara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: