Penerapan konseling behavior teknik self management untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas 8 di SMPN 1 Gerih

Wulan Larasati, Ibnu Mahmudi, Asroful Kadafi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi siswa SMPN 1 Gerih, khususnya kelas 8 yang memiliki perilaku prokrastinasi. Siswa seringkali melakukan perilaku prokrastinasi, seperti penundaan mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, dan lain sebagainya. Salah satu guru pernah melakukan wawancara dengan beberapa siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi, dari wawancara tersebut siswa yang memiliki perilaku prokrasinasi menuturkan bahwa penyebab ia melakukan prokrastinasi adalah adanya rasa malas ketika akan mengerjakan tugas, lebih mengedepankan bermain, lupa waktu ketika sudah bermain bersama teman-teman dan kurangnya motivasi dari orang tua. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan konseling behavior teknik self managemen dalam menurunkan perilaku prokrastinasi pada siswa kelas 8 di SMPN 1 Gerih. Metode penelitian ini menggunakan Eksperimen. Sampel yang diambil yaitu kelas 8B dengan jumlah 5 siswa dari 32 responden. Berdasarkan hasil uji wilcoxon melalui SPSS dari variabel prokrastinasi akademik siswa dengan total N 5 sampel menunjukan nilai negative rank: 5, positive rank:0, ties :0, artinya adanya penurunan terhadap sikap prokrastinasi akademik dari ke 5 siswa, dengan perolehan hasil signifikan (asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,043 yang artinya kurang dari dari 0,05. Dari hasil signifikan 0,043 < 0,05 maka perbedan tersebut meunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi konseling behavior teknik self management dapat merubah perilaku prokrastinasi akademik siswa.

Abstract
The background of this research is that the junior high school students of Satu Gerih, especially the eighth graders, have procrastination behavior. Students often carry out procrastination behavior, such as delaying doing assignments, being late in submitting assignments, and so on. One of the teachers once conducted interviews with several students who had procrastination behavior, from the interview students who had procrastination behavior said that the cause of procrastination was the feeling of being lazy when going to do assignments, putting more emphasis on playing, forgetting the time when playing with friends. and lack of motivation from parents. The purpose of this study was to analyze the application of behavioral counseling with self-management techniques in changing procrastination behavior in 8th grade students at SMPN 1 Gerih. The sample taken is class 8B with a total of 5 students from 32 respondents. This research method uses Experiments. Based on the results of the Wilcoxon test through SPSS of the student's academic procrastination variable with a total of N 5 samples showing a negative rank value: 5, positive rank:0, ties:0, meaning that there is a decrease in academic procrastination attitudes from 5 students, with significant results (asymp). Sig. 2-tailed) of 0.043 which means less than 0.05. From the significant result 0.043 < 0.05, the difference indicates that the hypothesis is accepted. So behavioral counseling self management techniques can change students' academic procrastination behavior.


Keywords


Konseling behavior, self management, Prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Asmarany, A. I. (2021). Perilaku Prokrastinasi Pada Remaja Broken Home Yang Mengalami Kecanduan Game Smartphone. UG Journal, 14(3).

Diana, M. (2021). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Operant Conditioning Terhadap Permasalahan Kesulitan Belajar IPS Peserta Didik Kelas 8 di SMPN 1 Bukit Kemuning Lampung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Lampung: UIN RADEN INTAN

Fitrianingsih, R., & Musdalifah, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas Xii Smk Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1).

Gufron, M. N., & Risnawati, R. 2020. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Harmalis, H. (2020). Prokrastinasi Akademik dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 83-91.

Kadafi, A., Ramatus, M. R. and Desy, R. N. K. (2018) ‘Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa melalui Bimbingan Kelompok Islami’, Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan dan Konseling), 4(2), pp. 181–193. Available at: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882.

Kadafi, A., Ramatus, M. R. and Desy, R. N. K. (2019) ‘internalisasi nilai religius dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun. Madiun: LPPM Universitas PGRI Madiun, pp. 140–144. Available at: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/779.

Khoiri, M. H. (2021). Model Prokrastinasi Akademik Siswa SMP di Masa Pandemi. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(1), 147-152.

Komalasari, G., Wahyuni, E.,& Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT INDEKS

Marantika, P. (2021). Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Self Management terhadap Penanganan Kecanduan Game Online pada Siswa SMP Negeri 2 Way Jepara. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Muratama, M. S. (2018). Layanan konseling behavioral teknik self management untuk meningkatkan disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1-8.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52.

Suastari, N. P. N., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2021). Pengembangan Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 6(1), 15-22.

Turmudi, I., & SURYADI, S. (2021). Manajemen Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 39-58

Wicaksono, R. S. (2020). Work Engagement sebagai Prediktor Turnover Intention pada Karyawan Generasi Millennial di PT Tri-Wall Indonesia. Acta Psychologia, 2(1), 55-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: