Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan berfikir kritis

Izza Irsani, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa negara dengan adanya perkembangan zaman yang terus maju maka sangat diperlukan keterampilan 4C yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21 yaitu diantaranya adalah berfikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan berfikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Geger Tahun Ajaran 2021/2022”. Dalam penelitian ini menggunakan metode desain pre- eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design. Populasi penelitian keseluruhan sebanyak 288 siswa kelas VIII siswa dan sampel yang diambil oleh peneliti yaitu sebanyak 10 siswa tersebut diambil berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK yang dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu suatu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu atau seleksi khusus. Berdasarkan hasil uji coba, instrumen ini memiliki 30 pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,833. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon dengan hasil hipotesis yang diperoleh nilai asymp. Sig. 2-tailed  = 0.005, berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α = 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis dapat diterima. Hasil temuan menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Geger.

Abstract
This research is motivated by the importance of education for a nation, with the development of the times that continue to advance, 4C skills that must be possessed by students in the 21st century are critical thinking. The purpose of this study was to determine "The effectiveness of group guidance services with problem solving techniques to improve critical thinking for class VIII students at SMPN 1 Geger in the 2021/2022 academic year". This research uses a pre-experimental design method with the type of one group pretest posttest design. The research population as a whole is 288 class VIII students and the sample taken by the researcher is as many as 10 students are taken based on the results of interviews with BK teachers who were selected by purposive sampling technique, which is a sampling technique with certain considerations or special selection. Based on the test results, this instrument has 30 valid statements with a reliability of 0.833. The data analysis technique used to test the hypothesis was the Wilcoxon test with the results of the hypothesis that the asymp value was obtained. Sig. 2-tailed = 0.005, which means it is smaller than the significance value of = 0.05 so it can be stated that the hypothesis can be accepted. The findings show that group guidance services with problem solving techniques are effective as a way to improve critical thinking for class VIII students of SMPN 1 Geger


Keywords


Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Berfikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Kadafi, A. and Trisnani, R. P. (2017) ‘Peran konselor dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa difabel’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun. Madiun: Universitas PGRI Madiun, pp. 146–151. Available at: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/390.

Anggriana, T. M., Kadafi, A. and Trisnani, R. P. (2018) ‘Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Autis Melalui Teknik Shaping’, Jurnal Fokus Konseling, 4(2). Available at: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/841617.

Azizah, N., Fatmaryanti, S. D., & Ngazizah, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa SMA Negeri 1 Kutowinangun Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(2), 24-28. Diperoleh dari http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/352

Febriyani, F., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Siswa Sma. Jurnal Advice, Vol 1 (1), 94-102. https://doi.org/10.32585/advice.v1i2.592

Kadafi, A. et al. (2021) ‘Improving prosocial behavior through virtual media based on religious values in elementary school students’, Pegem Ogitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), pp. 230–236. doi: https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.22.

Khoiruniisa, T. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari. https://pdfs.semanticscholar.org/6f87/362e250f7efe2a72b3471ea7410ad7f20ce8.pdf

Majdi, M. Z. Z., & Ekawati, D. (2020). Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Berbantuan Mind Mapping. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 4(2), 56-63. Doi: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/download/6553/3319

Nurzakiah, D. F., Justitia, D., & Hidayat, D. R. (2015). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 14-20. Doi: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/download/1622/1272

Siswono, T. Y. E., & M. Nur Nita (ed). (2018). Pembelajaran Matematika : Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah. Bandung : Remaja Rosdakarya. Tersedia dari https://books.google.co.id/

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27-50.

Doi: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/viewFile/1614/1668

Surianingsih, Y. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota KIR. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(2), 1-7. Doi: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/16740/8596


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: