Pengaruh interaksi teman sebaya dan penyesuaian diri terhadap kesiapan belajar siswa dalam menghadapi pembelajaran tatap muka terbatas

Miftahul Anwaril Mutaqim, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Abstract


Kesiapan untuk belajar adalah keadaan keseluruhan seseorang bereaksi atau beraksi terhadap situasi dengan cara tertentu. Oleh karena itu, siswa harus mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dan mampu menyesuaikan diri. Hal ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, membangun hubungan yang baik, dan beradaptasi dengan kelompok dan lingkungan. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan penyesuaian diri siswa terhadap motivasi belajar siswa dalam kaitannya dengan pembelajaran tatap muka terbatas pada Kelas X Teknik Pengelasan di SMK Sore Tulungagung Kelas X 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi ex post facto. Populasinya 66 orang. Sampel sebanyak 66 siswa diambil dengan menggunakan sampling total. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 menggunakan rumus korelasi product-moment serta uji regresi dua prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi dengan teman sebaya berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa. Selain itu, penyesuaian diri mempengaruhi kesiapan belajar siswa, lalu interaksi dengan teman sebaya dan penyesuaian diri secara simultan akan mempengaruhi kesiapan belajar siswa kelas X SMK Sore Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022

Abstract
Willingness to learn is the total state of a person reacting or acting to a situation in a certain way. Therefore, students must be able to interact with their peers and be able to adapt. This allows students to interact with their peers, build good relationships, and adapt to groups and environments. This study was designed to determine the effect of peer interaction and self-adjustment on students' learning motivation in class X Welding Engineering at SMK Sore Tulungagung 2021/2022. This study uses a descriptive ex post facto correlation research design. The population is 66 people. A sample of 66 students was taken using total sampling. Methods of collecting data with a questionnaire. Data were analyzed using the IBM SPSS Statistics 25 application using the product-moment correlation formula and regression test of two predictors. The results of this study indicate that the interaction with peers has an effect on students' readiness to learn. In addition, self-adjustment affects student learning readiness, as well as interaction with peers and adjustment simultaneously will affect the learning readiness of class X students of SMK Sore Tulungagung for the academic year 2021/2022


Keywords


Interaksi Teman Sebaya, Penyesuaian Diri, Kesiapan Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M. (2015). Kreativitas Pengembangan Media Layanan Bk Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Ikip Pgri Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 59–71. https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.452

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Fatnar, & Anam. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.

Harmini, & Triana. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158.

Ibrahim, Alang, Madi, Baharuddin, Ahmad, & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. In Gunadarma Ilmu (Issue Agustus).

Ma’shumah, F., & Muhsin. (2019). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, cara belajar, dan interaksi teman sebaya terhadap kesiapan belajar. Economic Educational Analysisi Journal, 8(1), 318–332.

Murhima, & Idris. (2018). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 265–274.

Pratama, B. D., Hidayah, R. N., & Hargiyansari, T. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 25. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.792

Pratama, B. D., Kadafi, A., & Suharni. (2019). Meningkatkan Perilaku Prososial Mahasiswa melalui Konseling Kelompok Realita. Universitas PGRI Madiun.

Pratiwi, Nurlaili, & Syarifin. (2020). Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Anak Usia 5-8 Tahun Di Desa Giri Kencana Rt 03 Rw 04 Kecamatan Ketahun). Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 105–118.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryadi, & Usman. (2018). Profil Penyesuaian Diri Siswa Di Smp Pembangunan Laboratorium Unp Padang. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 89–101.

Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instument Penelitian. Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: