BENTUK, PENYEBAB DAN DAMPAK VERBAL ABUSE PADA SISWA

Rocmadia Istika Suspramirda, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui fenomena verbal abuse pada siswa. Tujuan penelitian ini mencakup dari beberapa point yaitu tingkat, bentuk atau karakteristik, faktor faktor yang mempengaruhi, dan dampak dari verbal abuse. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 5 siswaa,  teknik pengambilan sampel dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik  purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data model  Milles and Huberman, yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conslusion Drawing atau verification (proses penarikan kesimpulan dan verifikasi). Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali dengan observasi dan wawancara hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa fenomena verbal abuse pada siswa relatif sedang.

Abstract

The purpose of the study was to determine the phenomenon of verbal abuse in students. The purpose of this study includes several points, namely the level, form or characteristics, influencing factors, and the impact of verbal abuse. The research design used in this study is a descriptive qualitative approach. The research subjects are class VIII students, totaling 5 students, the sampling technique of this research is by using purposive sampling technique, the data collection technique used in this study is observation and interviews, while the data analysis technique used in this study is data analysis. Milles and Huberman models, namely: Data Reduction (Data Reduction), Data Display (Data Presentation), and Conslusion Drawing or verification (the process of drawing conclusions and verification). This research was conducted three times with observations and interviews. The results of the research that has been done get the results that the phenomenon of verbal abuse in students is relatively moderate


Keywords


Verbal abuse, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdul Nasir, Abdul Muhith, I. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta. Mulia Medika.

Anderson, K. (2011). Masalah Lingkungan Pemicu Verbal Abuse. Jakarta. Salemba Empat.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineke Cipta.

Eva, F. K. (2017). Hubungan Verbal Abuse Oleh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smp N 2 Sedayu Bantul Yogyakarta. Kesehatan Madami Medika, 10 (1), 1–7.

Gelles, RJ. 2004. Child Abuse. Dalam Ecyclopedia Article from Encarta. http//encarta.msn.com/encyclopedia

Hude, D. (2006). Emosi-Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia Dalam Al Qur’an. Erlangga.

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing Melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jbki.v5i2.1721

Lestari, T. (2016). Verbal abuse: Dampak buruk dan solusi penangananya pada anak. Yogyakarta. Psikosain.

Lestari, W. D., Anggriana, T. M., & Pratama, B. D. (2020). Pengaruh Empati Dan Bystander Effect Terhadap. 4(1), 1–10.

Noh, C.H & Talaat, W. I. (2012). Verbal Abuse On Children Does Amount To Child Abuse Under The Malaysian Law? Asian Social Science, 8 (6), 1–5.

Rimadani, E. S., Pratama, B. D., & Anggriana, T. M. (2020). Efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan contextual model untuk menggurangi perilaku konsumtif mahasiswa. 4(1), 11–17.

Rusmil, K. 2004. Penganiayaan dan Kekerasan terhadap Anak, Dalam Makalah “Penanganan Kekerasan Pada Wanita dan Anak”. Bandung, 2004.

Soetjiningsih. (2007). Tumbuh Kembang Remaja Dan Permaasalahannya. Jakarta. Sagung Seto.

Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: