PENGARUH REGULASI DIRI DAN KELEKATAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 MADIUN

Erlin Aulia Sari, Ratih Christiana, Ibnu Mahmudi

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pengamatan secara langsung dikelas VIII SMPN 2 Geger, adalah : 1) saat proses belajar mengajar, ketika siswa berbicara dengan temannya. 2) Sebagian siswa ketika berbicara tidak menatap lawan bicaranya, dan 3) menggunakan bahasa yang kasar, menggunakan nada tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap peningkatan etika berbicara siswa kelas VIII SMPN 2 Geger Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan kuantitatif desain eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini sebanyak 162 siswa kelas VIII dengan sampel penelitian sebanyak 15 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan angket etika berbicara dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian ini setelah dianalisis menggunakan t-test menunjukkan bahwa ada peningkatan etika berbicara. Pengujian hipotesis menggunakan perhitungan wilcoxon sign rank test, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0.001, dimana kurang batas kritis penelitian 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling berpengaruh untuk meningkatkan etika berbicara siswa kelas VIII SMPN 2 Geger Madiun Tahun Ajaran 2018/2019

Abstract

This research is based on direct observations in class VIII SMPN 2 Geger, are: 1) during the teaching and learning process, when students talk to their friends. 2) Some students when speaking do not look at their interlocutors, and 3) use abusive language, use high notes. This study aims to determine the effect of group counseling with symbolic modeling techniques on improving the speaking ethics of VIII grade students of SMPN 2 Geger in the Academic Year 2018/2019. This research is a quantitative experimental design with one group pre-test and post-test research designs. The population of this study was 162 students of class VIII with a sample of 15 students. The research sample was taken using purposive sampling technique. Data collection methods use the ethics questionnaire to speak with the help of a Likert scale. Data analysis techniques using the Wilcoxon test. The results of this study after being analyzed using the t- test showed that there was an increase in speaking ethics. From the results of hypothesis testing using the t-test with sign rank test calculation, obtained a significance value of 0.001, which lacks a critical limit of research 0.05, it can be concluded that group counseling with symbolic modeling techniques has an effect on improving the speaking ethics of eighth grade students of SMPN 2 Geger Madiun Academic Year 2018/2019


Keywords


Konseling kelompok, Symbolic modeling, Etika berbicara.

Full Text:

PDF

References


Ardina dan Wulan. 2016. Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 30 (2).

Crisna, G.R., Mahmudi, I., & Christiana, R. 2020. The Influence of Family Support and Locus of Control on Resilience of Bullying Victims. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol.7, No.2, P.64-71.

Christiana, R. (2018). Keefektifan Peer Modeling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa dalam Menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris. Jurnal Hibualamo (Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan), Vol 2 (2), P. 61-65.

Fitriya Dan Lukmawati. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes). Mitra Adiguna Pelembang. Psikismjurnal Psikologi Kesehatan. Vol.2 (1).

Nursyahrurahmah. 2017. Hubungan antara kepribadian introvert dan kelekatan teman sebaya dengan kesepian remaja. Jurnal Ecopsy. Vol. 4 (2): 113-116.

Sugiyono. 2017. Meode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (MIXED METHODS). Bandung: Alfabeta.

Triyono & Khairi. 2018. Prokrastinasi akademik siswa SMA. Jurnal Al Qalam. Vol. 19 (2): 57-74.

Wanruhmi. 2019. Regulasi Diri Mahasiswa Putri yang Tinggal di Asrama Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4 (4): 25 – 31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: