Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Asertif Pada Siswa SMA Negeri 1 Karangjati

Erik Nawang Ardianto, Ibnu Mahmudi, Silvia Yula Wardani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangjati. Perilaku asertif diduga dipengaruhi oleh efikasi diri dan dukungan teman sebaya. Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka penelitian ini ditulis  menggunakan desaign penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data diperoleh dari populasi siswa kelas X  berjumlah 156 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan setiap variabel terdiri dari 30 item pernyataan. Sebelum kuesioner dibagikan maka instrumen diuji validitas dan reliabiltasnya. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dan regresi berganda menggunakan aplikasi SPPS Statitic 16.0. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa koefisien korelasi yang diperoleh bernilai positif, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang bersifat positif antara efikasi diri dan dukungan teman sebaya secara bersama mempengaruhi perilaku asertif. Dimana efikasi diri dan dukungan teman sebaya memiliki nilai 0,530, hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel efikasi diri dan dukungan teman sebaya secara simultan terhadap variabel perilaku asertif sebesar 53%.

Abstract

The purpose of this study was to answer the formulation of the problem in this study, namely to determine the effect of self-efficacy and peer support on assertive behavior in class X SMA Negeri 1 Karangjati. Assertive behavior is thought to be influenced by self-efficacy and peer support. To prove this hypothesis, this study was written using a quantitative research design with a correlational type of research. Data obtained from the population of class X students amounted to 156 students. The instrument used is a questionnaire and each variable consists of 30 statement items. Before the questionnaire was distributed, the instrument was tested for validity and reliability. The data were analyzed using product moment correlation and multiple regression using the SPPS Statitic 16.0 application. The results obtained indicate that the correlation coefficient obtained is positive, this indicates that there is a positive influence between self-efficacy and peer support which together affect assertive behavior. Where self-efficacy and peer support have a value of 0.530, this means that the influence of self-efficacy and peer support variables simultaneously on assertive behavior variables is 53%.


Keywords


Efikasi diri, Dukungan teman sebaya, Perilaku asertif

Full Text:

PDF

References


Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2016). Pengaruh Efikasi Diri Dan Internal Locus Of Control Terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI MADIUN. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 86–96.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Denanti, I. A., & Wardani, S. Y. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 111–118. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1412

Dermawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.

Hasanah, A. M. A., Suharso, & Saraswati, S. (2015). Pengaruh perilaku teman sebaya terhadap asertivitas siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1), 22–29.

Mirza, R., Rini, A. P., & Lestari, B. S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Komunikasi Asertif pada Mahasiswa Psikologi. Sukma:Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 30–40.

Pramudawardani, O. F. (2018). Hubungan Antara Relasi Sosial Teman Sebaya Dengan Perilaku Asertif. Psikologi Muhammadiyah Surakarta, 1.

Puspitasari, Y. P., Abidin, Z., & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan keemasan menjelang ujian nasional (UN) pada siswa kelas XII reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 1(1), 1–17.

Putri, A. D., & Ali, M. (2017). Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Asertif (Studi pada Advisor di X Store Y Mall Bandung). Psikologi, 673–681.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: