PENGARUH SELF-EFFICACY DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 PONCOL

Diarti Anggita Putri, Ibnu Mahmudi, Silvia Yula Wardani

Abstract


Self-efficacy  merupakan  salah  satu  kendala  yang  dialami  oleh  siswa dalam kedisiplinan belajar siswa. Begitu pula dengan penggunaan media sosial. Banyak siswa yang merasa kesulitan meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari self-efficacy dan penggunaan media sosial pada kedisiplinan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Poncol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post-facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 dan sampel sebanyak 30. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan tabel krechie. Penelitian ini   menggunakan   angket   untuk   mengumpulkan data   responden.   Sampel   diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dan regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Ada pengaruh self-efficacy terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Poncol dengan rhitung (1,000) > rtabel (0,361); 2) Ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Poncol dengan r hitung (0,474) > rtabel (0,361); 3) Ada pengaruh self-efficacy dan penggunaan media sosial terhadap kedisisplinan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Poncol dengan fhitung (6,274) > ftabel (0,361). Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R squre) 0,317 diketahui   bahwa   pengaruh    self-efficacy   dan   penggunaan   media social mempengaruhi  kedisiplinan  belajar  sebesar  31%  sedangkan 69% kedisiplinan belajar dipengaruhi oleh faktor luar penelitian.

Abstract

Self-efficacy is one of the obstacles experienced by students in student learning discipline. Likewise with the use of social media. Many students find it difficult to improve learning discipline. This study aims to determine the effect of self-efficacy and the use of social media on the discipline of class VIII A students of SMP Negeri 2 Poncol. This research uses quantitative research with ex post-facto method. The population in this study was 35 and the sample was 30. Sampling was carried out using the krechie table. This study uses a questionnaire to collect respondent data. Samples were taken using simple random sampling technique. The result data were analyzed using product moment correlation and regression of the two predictors. The results showed that 1) There was an effect of self-efficacy on the learning discipline of class VIII A students of SMP Negeri 2 Poncol with rcount (1,000) > rtable (0.361); 2) There is an effect of using social media on the learning discipline of class VIII A students of SMP Negeri 2 Poncol with r count (0.474) > rtable (0.361); 3) There is an effect of self-efficacy and the use of social media on student discipline in class VIII A SMP Negeri 2 Poncol with fcount (6.274) > ftable (0.361). Based on the coefficient of determination (R square) of 0.317, it is known that the influence of self-efficacy and the use of social media affects learning discipline by 31%, while 69% of learning discipline is influenced by factors outside the study


Keywords


Self-Efficacy, Media Sosial, Kedisiplinan Belajar

Full Text:

PDF

References


Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Fotografi pada Komunitas fotografi Pekanbaru. Jom FISIP, 2(2), 1–14.

Adityawarman, H. (2014). Pengarah Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terdapat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal OBSESI, 1(1), 12–19.

Christiana, R. (2018). Keefektifan Peer Modeling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa dalam Menguasai Keterampilan Berbahasa Inggris. Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 2(2), 61–65.

Finayanti, J., Triningtyas, D. A., Suharni, & Dewi, N. (2021). Peningkatan Literasi Dalam Menggunakan Sosial Media Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.

Hanifah, T. N. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 5(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpak.v5i2.15411

Kagan. (1994). Cooperative Learning. Kagan Cooperative Learning.

Muklis, Y. M., & Sanhadi, D. (2016). Kontribusi Self Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Smith, M. K., & dkk. (2010). Teori Pembelajaran dan Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Mirza Media Pustaka.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Syarifudin, A., & Elmasari, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Viiismp Plus Al Falah Rejotangan. JOEICT(Jurnal of Education and Information Communication Technology), 4(2), 1–12.

Toharuddin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Siswa. Humaniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: