PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MORALITAS SISWA KELAS X BDP SMK NEGERI 5 MADIUN TAHUN 2019/ 2020

Depi Ekawati, Ibnu Mahmudi, Silvia Yula Wardani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) interaksi sosial terhadap moralitas 2) religiusitas terhadap moralitas 3) interaksi sosial dan religiusitas terhadap moralitas siswa kelas X BDP SMK Negeri 5 Madiun tahun 2019/2020. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Sampel siswa yang digunakan diperoleh dengan teknik simple random sampling sebanyak 52 siswa. Data pada penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert. Hipotesis penelitian dianalisis menggunakan rumus regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara interkasi sosial dan religiusitas terhadap moralitas siswa. Nilai signifikasi F change sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05. Nilai F hitung antara interaksi sosial dan religiusitas sebesar 10,571 dimana lebih besar dibandingkan dengan F tabel. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel sebesar 69,4%, dengan rincian interaksi sosial terhadap moralitas 29,7% dan religiusitas terhadap moralitas 39,7%. Simpulan dari penelitian ini 1) ada pengaruh interaksi sosial terhdap moralitas; 2) ada pengaruh religiusitas terhadap moralitas; 3) ada pengaruh interaksi sosial dan religiusitas terhadap moralitas siswa kelas X SMK Negeri 5 Madiun.

Abstract
This study aims to determine the effect of 1) social interaction on morality 2) religiosity on morality 3) social interaction and religiosity on the morality of class X BDP students at SMK Negeri 5 Madiun in 2019/2020. The design used in this research is quantitative with the expost facto method. The sample of students used was obtained by simple random sampling technique as many as 52 students. The data in the study were collected using a questionnaire with a Likert scale. The research hypotheses were analyzed using multiple regression formulas with the help of the SPSS version 24 program. The results showed that there was an influence between social interaction and religiosity on student morality. The significance value of F change is 0.000 which is smaller than 0.05. The calculated F value between social interaction and religiosity is 10,571 which is greater than the F table. The effective contribution given by the variable is 69.4%, with details of social interaction on morality 29.7% and religiosity on morality 39.7%. The conclusions of this study 1) there is the effect of social interaction on morality; 2) there is an influence of religiosity on morality; 3) there is an influence of social interaction and religiosity on the morality of class X students of SMK Negeri 5 Madiun


Keywords


interaksi sosial, religiusitas, moralitas

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 1(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2122

Anggara, W. Y., Mahmudi, I., & Triningtyas, D. A. (2016). Pengaruh Religiusitas Dan Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Seks Bebas Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 26. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.455

Anwar, Y., & Adang. (2013). Sosiologi untuk Universitas. PT. Refika Aditama.

Aprita, S. (2020). Etika Profesi. CV. Penerbit Qiara Media.

Arista, D. (2017). Kebermaknaan Hidup dan Religiusitas Pada Mantan Narapidana Kasus Pembunuhan. Psikoborneo, 5(3), 366–377.

Fajri, R. I. (2013). Hubungan antara religiusitas dengan perkembangan moral pada santriwati. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatmayarni, Hos, J., & Moita, S. (2018). Interaksi Sosial Antara Kader Organisasi Dakwah Mahasiswa (Studi Pada Universitas Halu Oleo). Jurnal Neo Societal, 3(1). Neo Societal, 2(2), 2016. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018

Ghufron, M. ., & Risnawita, R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Kadafi, A., Mardiyah, R. R., & ... (2019). Internalisasi Nilai Religius Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik. … Seminar Nasional Hasil …, 140–144. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/download/779/751

Khairudin, K., & Mukhlis, M. (2019). Peran Religiusitas dan Dukungan Sosial terhadap Subjective Well-Being pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(1), 85. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.7128

Marlina, E. (2014). Motivasi Berpuasa Ramadhan dan Moralitas Remaja. Jurnal Ilmu Dakwah, 6(2), 249. https://doi.org/10.15575/jid.v6i2.337

Muchson, & Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Penerbit Ombak.

Nadzir, Ahmad Isham & Wulandari, N. W. (2013). Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Psikologi Tabularasa, 8(2), 698–707.

Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mencegah Degradasi Moral Remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 134–144.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan, Peluang dan Tantangan. Kencana Prenadamedia Group.

Santoso, S. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. PT. Refika Aditama.

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. PT. RajaGrafindo Persada.

Sofhian, & Suleman, S. N. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Anssurance Cabang Kota Gorontalo. Li Fatah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3, 41–59.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Waty, A. (2017). Hubungan Interaksi Sosial Dengan Perkembangan Moral Pada Remaja Di SMA UISU Medan. Psikologi Konseling, 10(1), 11–24. https://doi.org/10.24114/konseling.v10i1.9629

Wulandari, N. W. (2019). Interaksi Sosial dan Kecerdasan Moral Pada Remaja. Wacana, 11(2), 185–195


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: