Pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat

Iqbal Astarikna Denanti, Silvia Yula Wardani

Abstract


Confidence in the opinion is a must-have for each student to support learning achievement. The purpose of this research is to know the influence of interpersonal communication, peer interaction and confidence in the opinion. The study used quantitative research using the ex post facto research method. The population in this study was 120 students. Samples as many as 91 students were taken refer to the formula Slovin. This study uses polls for collecting respondent data. The study sampling technique uses simple random sampling. Researchers use product moment correlation to analyse data. The results show there is an influence between interpersonal communication, peer interaction to confidence in the opinion. The results showed that 1) there was an influence of interpersonal communication on confidence in the student's opinion of the Rcount (0.737) > Rtabel (0.433; 2) There is an influence of peer interaction towards confidence in the opinion with the Rcount (0.737) > Rtabel (0.433); 3) There is the influence of interpersonal communication and peer interaction to confidence in the opinion with the Rcount (0.737), resulting in Freg (3.15) > Rtabel (0.433.

Kepercayaan diri dalam berpendapat merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap siswa guna menunjang prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal, interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri dalam berpendapat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa. Sampel sebanyak 91 siswa yang diambil mengacu pada rumus Slovin. Peneltian ini menggunakan angket untuk pengumpulan data responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling. Peneliti menggunakan korelasi product moment untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat siswa dengan rhitung (0,737) > rtabel (0,433); 2) Ada pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat dengan rhitung (0,737) > rtabel (0,433); 3) Ada pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat dengan rhitungĀ  (0,737), menghasilkan Freg (3,15) > rtabel (0,433.


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Interaksi Teman Sebaya, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Desmita. (2012). Psikologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Harapan, E. & Ahmad S. (2014). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa

Harun, R. & Ardianto E. (2012). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2(3): 108.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia. 5(1): 37.

Santoso, S. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: