Pengaruh social interaction dan self concept terhadap perilaku konsumtif siswa Kelas VIII

Reffina Juniatrie, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


This study aims to determine the effect of Consumptive Behavior. The purpose of this study was to find out (1) The Effect of Social Interaction on Consumptive Behavior in Class VIII Jiwan Middle School 2 (2) The Effect of Self Concept on Consumptive Behavior in Class VIII Jiwan Middle School 2 (3) The Effect of Social Interaction and Self Concept on Consumptive Behavior in Class VIII Students of SMP Negeri 2 Jiwan Madiun District Academic Year 2018/2019. This research is a descriptive quantitative study using the ex post facto correlation method. The population of this study amounted to 62 students, the sampling technique used was saturated samples. The data collection tools used were questionnaires in the form of a Likert scale checklist, namely the Social Interaction questionnaire, Self Concept questionnaire, and the Consumptive Behavior questionnaire. Data analysis using product moment correlation formula and regression of two predictors. From the results of the overall analysis of the Social Interaction and Self Concept variables on Consumptive Behavior, the overall variables have a simultaneous and significant effect. Proven results show that the two variables simultaneously contributed to the effect of 36.7%. Then it can be concluded that there is a simultaneous and significant influence of social interaction and self concept on the consumptive behavior of class VIII Jiwan Middle School 2.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) Pengaruh Social Interaction terhadap Perilaku Konsumtif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jiwan (2) Pengaruh Self Concept terhadap Perilaku Konsumtif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jiwan (3) Pengaruh Social Interaction dan Self Concept Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasi ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 62 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket bentuk skala likert checklist yaitu angket Social Interaction, angket Self Concept, dan angket Perilaku Konsumtif. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi dua prediktor. Dari hasil analisis secara keseluruhan variabel Social Interaction dan Self Concept terhadap Perilaku Konsumtif diperoleh hasil bahwa keseluruhan variabel tersebut mempunyai pengaruh yang simultan dan signifikan. Terbukti hasil menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan bersama-sama memberikan sumbangan pengaruh sebesar 36,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan dan signifikan social interaction dan self concept terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jiwan


Keywords


Interaction, Self Conept, Consumptive Behavior

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013).Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung:Alfabeta.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Lato, M. A. P & Dewi D. K. (2018). Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Angkatan 2016 Universitas Negeri Surabaya. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 5 (3), 1-6. Character/article/view/25921/23756.

Santoso, S.(2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung:Refika Aditama.

Sarwono, W. S. % Meinarno, A. E. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan (Meneropong Imbas Iklan Televisi). Bandung:Alfabeta.

Trianingsih, SL. (2011). Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11 (2), 172-177. Ekonomi/article/view.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: