Teknik empty chair untuk mengurangi ketidakmampuan menjaga hubungan pertemanan dalam antisocial personality disorder pada mahasiswa

Eny Kusumawati

Abstract


Permasalahan antisosial merupakan permasalahan yang sering dialami oleh seseorang tidak terkecualii pada orang dewasa. Salah satu permasalahan tersebut yaitu ketidakmampuan dalam menjaga pertemanan. Hal ini disebabkan oleh ketidakpedulian seseorang terhadap perasaan orang lain, tanpa disadarinya. Salah satu hal yang dapat dilalukan untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan teknik empty chair. Teknik ini bertujuan untuk menyadarkan seseorang dalam hal berkomunikasi yang baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain, dengan berkomunikasi seperti itu individu akan mampu menjaga tutur katanya kepada orang lain, sehingga hubungan pertemanan akan tetap terjalin dengan baik dalam kurun waktu yang lama

Keywords


Empty Chair, Hubungan Pertemanan, dan Antisocial Personality Disorder

Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Dyastuti, Susanti. (2012). Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying melalui Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong. Indonesian Journal og Guidance and Counseling. Vol 1, No 1.

Komalasari, Gantina.,dkk. (2018). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Konghoiro, Imelda. Dkk. (2017). Peran Group Gelstalt Therapy Bagi Warga Binaan Lapas Narkotika X yang Mengalami Kecemasan Menjelang Bebas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol 1, No 2, hlm 430-438.

Ratna, Lilis. (2013)Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: deepublish.

Suryaman, Azis. (2017). Efektifitas Teknik Kursi Kosong dalan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.Vol 3, No 9.

Suryaman, Aziz. (2017). Efektivitas Teknik Kursi Kosong dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 3, No 9 hlm 527-535.

Johar, Asahar.,dkk. (2014). Implementasi Metode Frame untuk Mendiagnosa Gangguan Kepribadian Dramatik Menggunakan Sistem Pakar. Jurnal Rekrusif. Vol 2, No 2.

Gerald, Davison.,dkk. (2006). Psikologi Abnormal Edisi ke-9. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nevid, Jeffrey.,dkk. (2005). Psikologi Abnormal Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Millon & Davis. (2000). The Antisocial Personality, in Personality Disorder in Modern Life. New York : John Wiley & Sons Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: