PERAN KONSELOR DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI TARI GAWI DI ENDE-FLORES

Yasinta Oliva Eka, Yuliany Daro Dey, Asroful Kadafi

Abstract


Tari gawi merupakan salah satu dari sekian banyak budaya tarian yang memiliki nilai dan karakteristik khas di Nusa Tenggara Timur. Tarian ini mempunyai banyak makna salah satunya adalah makna filosofis yang menggambarkan semangat kebangsaan yang ditunjukan dalamĀ  persatuan, kebersamaan dan persaudaraan yang terjalin erat antar sesama. Tujuan dilestarikan Tari Gawi ini agar generasi muda tidak melupakan kebudayaan Tari Gawi yang memiliki makna baik bagi semangat kebangsaan yang harus dijunjung tinggi, dikembangkan dan dilestarikan secara turun temurun sebagai kebudayaan lokal yang di pegang teguh oleh masyarakat umum di Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur. Konselor sekolah memiliki peran strategis dalam menumbuhkan semangat kebangsaan melalui berbagai layanan yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal. Tujuan dari penulisan karya ini untuk menumbuhkan semangat kebangsaan melalui pelestarian tari gawe yang dipelopori oleh Konselor sekolah.

Full Text:

PDF

References


Athanua. (2015). Ada Apa dibalik Tarian Gawi. Online. Tersedia di http://athanua.wordpress.com/2015/12/05/ada-apa-dibalik-tarian-gawi-2/. Diakses tanggal 19 April 2017

Anonym. (2015). Tari Gawi Tarian Tradisional dari Ende. Online. Tersedia di Error! Hyperlink reference not valid.. diakses tanggal 18 April 2017.

Handarini Dany M. 2017. Peran Konselor dalam Membentuk Generasi Muda Berkarakter. Makalah. FIP: Universitas Negeri Malang.

Lestyarini, Beniati. (2012). Penumbuhan semangat kebangsaan untuk memperkuat karakter Indonesia melalui pembelajaran bahasa. Jurnal pendidikan karakter. Vol. II No. 3 (hal: 340-354).

Mastuti Probohayu P. K. (tanpa tahun) Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Artikel online. Universitas Negeri Malang.

Muhammad Nur Wangid. (tanpa tahun). Peran Konselor Sekolah dalam Pendidikan Karakter. Makalah. PPB FIP UNY.

Murti, dkk. 2003. Kebangsaan. http / / www.murti.blogspot.com.

Noor, Rohinah M. (2012). Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: PT Pusaka Insan Madani.

Supranoto Heri. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol. 3 No. 1 (hal: 36-49).

Rachmah Huriah. (2013). Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta. Vol. 1 No. 1 (hal: 7-14).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: