OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Ayu Budi Pratiwi, Farida Farida, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Pembangunan  karakter  bangsa  telah  diupayakan  melalui  pendidikan karakter  baik  di  sekolah/madarasah  maupun  diperguruan  tinggi.  Namun,  penulis  memandang belum  optimal karena hanya  berkutat  pada  ranah knowing  saja  belum  pada  ranah  aplikasi  secara  menyeluruh. Untuk mengetahui penyebab terjadinya permasalahan tersebut, penulis mencoba mengkaji faktor yang menyebabkan anak tidak memiliki karakter ditinjau dari pendidikan islam serta nilai kearifan lokal.Tujuan penulisan artikel ini adalahmengetahui optimalisasi pendidikan islam dan nilai kearifan lokaldalam membentuk karakter anak. Metodologi penulisan dalam artikel ini berorientasi pada pendekatan kualitatif, dengan merujuk pada beberapa kajian pustaka, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Adapun hasil dari analisis dapat ditarik sebuah benang merah, bahwa pendidikan islam dan kearifan lokal dapat mempengaruhi pembentukan karakter anak. Oleh karena itu disarankan bagi para praktisi dilapangan khususnya Konselor sekolah, bisa menekankan pendidikan islam dan kearifan lokal dalam memberikan layanan bantuan ke siswa untuk membentuk karakter mereka.

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Agus.Wibowo, 2013. Penelitian Karakter di Perguruan Tinggi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Dra. Hj Nur Uhbiyati. 1998. Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Bercerai. Bandung: Alfabeta.

Faisal, Sanafiah. 1999. Format-Format Penelitiaan Sosial. Bandung :PT.Remaja Rosdakarya.

Hilda, Pendidikan _ Karakter _ dalam _ Perspektif _ Pendidikan _ Islam https://www.researchgate.net/profile/Hilda_Ainissyifa/publication/311856574_ /links/585d812108ae6eb8719ff952/Pendidikan-Karakter-dalam-Perspektif-Pendidikan-Islam.pdf?origin=publication_detaildiakses pada tanggal 20 April 2017

Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books: New York.

Majid, A. & Andayani, D. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moch. Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy . 1990. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Wijaya. Upaya Mendisiplinkan Siswa Melalui Pendidikan Karakter. (online) .https://nurwijayantoz.wordpress.com/pendidikan-4/upaya-mendisiplinkan-siswa-melalui-pendidikan-karakter/, diakses pada tanggal 19 April 2017

Prasetyo, Agus dan Emusti Rivasintha. 2011. Konsep Urgensi dan Implementasi pendidikan Karakter di Sekolah.Tersedia dalam http ://eduk asi.kompasiana.com/2011/05/27/konsep-urgensi-dan-implementasi- pendidikan-karakter-disekolah/

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Samani, M dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sri Wening. 2007. Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai .Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Sudarmiani. Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh program studi Ekonomi IKIP PGRI MADIUN

Qur’an


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: