Peer-group Counseling untuk Mengurangi Intensitas Munculnya Perilaku Cyberstalking pada Remaja

B. Tika Ambarsari, Raena Nur Fadhila, Ratih Christiana

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan studi lapangan (penelitian lapangan) yang dikombinasikan dengan studi kepustakaan (library reearch). Studi lapangan (field research) adalah kegiatan pencarian data yang dilakukan langsung terjun ke lapangan terhadap remaja yaitu Bimbingan Mahasiswa Program Magister Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Bimbingan dan Konseling semester 2 kelas 2 Universitas PGRI Madiun. Dalam pengumpulan data kami, kami menggunakan kuesioner yang dilakukan 3 kali seminggu selama 2 minggu, total aktivitasnya 6 kali, dari 31 siswa dengan hasil Pre-Test dari 6 siswa yang melakukan perilaku penguntit. Setelah perawatan menunjukkan bahwa penerapan konseling peer-group dapat menurunkan perilaku cyberstalking dari 6 siswa yang diturunkan oleh 4 siswa, hasil akhir post-test adalah bahwa ada 2 siswa program Semester Bimbingan dan Konseling semester 2 Universitas PGRI Madiun yang masih Perlu konseling kelompok peer-group

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2014). Konseling Sebaya dalam Bimbingan Konseling Komprehensif. Surabaya: Balai Diktat.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Carr, R.A. (1981). Theory and Practice of Peer Counseling. Ottawa: Canada Employment and Immigration Commission.

Dryden, W. (2006). Langkah Pertama di REBT: Panduan untuk Berlatih REBT dalam Konseling Peer. New York: Albert Ellis Institute.

Hadi, S. (2002). Metodologi Research jilid I. Yogyakarta: Andi offset.

Jennifer. (2008). Psychopathy and Stalking. Springer, DOI 10.1007/s10979-008-9149-5.

Lina dan Rosyid H. F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus of Control Pada Remaja Putri. Psikologika. No.4, Tahun II.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tindall, J. D. and Gray, H. D. (1985). Peer Counseling: In-Depth Look at Training Peer Helpers. Muncie: Accelerated Development Inc.

Varenhorst, B. (1984). "Peer Counseling: Past Promises, Current Status, and Future Directions". Handbook of Counseling Psychology. New York: University of Minnesota.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: