PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Budi Prasetyo, Heny Apriani, Beny Dwi Pratama

Abstract


Pendidikan karakter yang dilakukan sejak dini, akan menguntukan bagi siswa serta bangsa. Pengembangan kondisi berkarakter merupakan hal penting dalam upaya pendidikan yang hendak menjadikan kehidupan manusia berada di  jalan lurus dan maju. Pendidikan yang berorientasi karakter inilah yang akan mengatasi rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, dan sekaligus akan mengatasi berbagai kerancuan, dan penyimpangan dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa. Materi pendidikan karakter dimuatkan ke dalam setiap mata pelajaran, muatan lokal dan pelayanan Bimbingan dan Konseling. Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor bertanggung jawab atas kegiatan pembelajaran yang terkait dengan pelayanan BK untuk sejumlah peserta didik. Oleh sebab itu, disekolah harus diadakan pelayanan bimbingan dan konseling. Tujuan pelayanan bimbingan dan konseling adalah agar konseli dapat merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannya di masa depan, mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin, menyesuaiakn diri dengan lingkungan, mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi serta pengembangkan karakter secara maksiamal.

Full Text:

PDF

References


Haryani. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling bagi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta. Press.

Kusningsih, S.H. 2016. Konstribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati Diri Siswa. LPMP Yogyakarta.

Nursalim, M & Suradi. 2002. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press. Jurnal BK. Volume 04 nomor 03 Tahun 2014, 1-6.

Redjeki, S. 2013. Pengembangan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. FIP IKIP Veteran Semarang. (Edisi Khusus Dies Natalis) Vol : XX

Trisnani, R. P. 2016 Pengantar Bimbingan dan Konseling. Madiun: IKIP PGRI Madiun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: