PERAN KOMPONEN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING (Layanan yang Ditawarkan untuk Membantu Problematika Remaja)

Yuanita Dwi Krisphianti

Abstract


Remaja merupakan suatu masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Diawali dengan periode pubertas dan berakhir hingga status dewasa disandangnya. Masa remaja merupakan masa yang dianggap penting dimana mereka akan belajar dan mendapat berbagai macam pengalaman yang menantang dan menarik guna bekal masa depan. Akan tetapi masa remaja juga merupakan masa yang mengancam yakni bagi remaja yang gagal melewati dan justru terjerumus pada lubang hitam yang sering disebut dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah tingkah laku remaja yang dapat melanggar hukum dan bahkan dapat menimbulkan bahaya untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Kenakalan remaja terjadi karena adanya problematik yang dialami. Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki prinsip diantaranya; diperuntukkan untuk semua peserta didik dan tidak diskriminatif, sebagai proses individuasi, dan menekankan nilai-nilai positif. Sesuai dengan prinsip tersebut maka guru BK diharapkan dapat membantu mengatasi problematik remaja melalui empat komponen program BK diantaranya; layanan dasar, perencanaan individual, layanan responsif, dan dukungan sistem.

Full Text:

PDF

References


Papalia, Olds, Feldman. 2009. Human Development (Perkembangan Manusia) 2 Edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika

Sarwono, W. Sarlito. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Krisphianti, Yuanita Dwi. 2016. Konseling Psikoanalisis (Solusi yang Ditawarkan Menuju Remaja Sehat Tanpa Zat Psikoaktif). Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Krisis di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dipublikasikan www.uad.ac.id.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Pedoman bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: