VALIDITAS LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET BERBANTUAN MEDIA PHYPOX BERMUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Purwandari Purwandari, Tantri Mayasari, Andista Candra Yusro, Erawan Kurniadi, Diffa Berliana Ratri, Bayu Ajie Al Azhar, Agung Sasmita, Fahranizh Jatimawarni, Salsabila Nur Afani

Abstract


Naskah ini menjelaskan tahapan penelitian pengembangan yakni pada aspek validasi produk LPKD elektorinik berbasis liveworksheet berbantuan media phypox bermuatan keterampilan proses sains yang disusun. Tahapan validasi produk dilakukan untuk memastikan produk yang akan digunakan dalam pembelajaran dikelas telas sesuai. Validasi dilakukan dengan meminta saran dan masukan dari validator untuk memastikan aspek isi, penyajian, Bahasa dan keterampiplan proses sains. Hasil vidasi yang dilakukan didapatkan prosesntase 87% yang masuk kategori sangat valid. Sehingga produk LKPD dapat digunakan pada tahapan selanjutnya uji coba, dengan sebelumnya dilakukan perbaikan berkaitan saran dan masukan yang telah diberikan oleh validator.


Full Text:

PDF

References


Andika, Y., & Mayasari, T. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Note Taking Dengan Berbantuan Liveworksheets. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),

Choi, K., Lee, H., Shin, N., Kim, S. W., & Krajcik, J. (2011). Reā€conceptualization of scientific literacy in South Korea for the 21st century. Journal of research in science teaching, 48(6), 670-697. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tea.20424

Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model guided discovery learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156-161. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/viewFile/795/619

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/viewFile/2474/1828

Millar, R. (2007). Scientific literacy. Communicating European Research 2005, 145-150.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168-176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Pabri, M., Medriati, R., & Risdianto, E. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Liveworksheet untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 637-651.

Pursilasari, A., & Mayasari, T. (2023). Studi Kepustakaan Penggunaan Media Simulasi PhET Materi Suhu dan Kalor. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),

Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul fisika berbasis augmented reality sebagai alternatif sumber belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38-46. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874

Rahayu, T., & Mayasari, T. (2019). Pengembangan Instrumen Kemampuan Literasi Digital Dalam Penerapan Media Hybrid Learning Berbasis Website Fisika. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),

Riduwan, R. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Riduwan, R. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/28577

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh warna terhadap short term memory pada siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33-42. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/download/1391/1118

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Yusro, A. C., Ramadhani, M. Z., & Wayuni, N. T. (2023). Development of Electronic Worksheet Assisted by Augmented Reality to Improve Learning Outcomes and Interest in Learning Science. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(2), 341-350. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i2.7583

Yusro, A. C., Safitri, W., Ngabdiningsih, S. W., & Taqwim, M. A. (2023). Development of Studentsā€™ Science Worksheets Based on Liveworksheet As Alternative Learning Resources for Junior High School Students. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 133-146. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/download/2406/1205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.