OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BISNIS BERBASIS DIGITAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM BINAAN BMT BERINGHARJO

Indra Ayu Fatmala, Hendra Setiawan, Ririh Anggraini Setyahety

Abstract


Abstrak

Optimalisasi pengembangan bisnis berbasis digital mengacu pada serangkaian langkah dan strategi yang diambil untuk memaksimalkan pertumbuhan dan keberhasilan bisnis menggunakan teknologi digital dan platform daring. Tujuan utama dari optimalisasi ini adalah meningkatkan visibilitas bisnis, menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan mencapai keunggulan kompetitif di lingkungan digital. Kegiatan pendampingan untuk optimalisasi bisnis digital dilakukan pada salah satu UKM Binaan BMT Beringharjo Cabang Madiun yaitu Toko Pakaian Radex yang berlokasi di Pasar Besar Kota Madiun. Adapun kegiatan pendampingan yang dilakukan akan berfokus pada pembuatan media sosial dan keterangan lokasi pada peta google supaya usaha lebih mudah dijangkau masyarakat.

Kata Kunci: Media Sosial, UMKM, Keunggulan Kompetitif, Bisnis Digital


Full Text:

PDF

References


Citaningtyas, Dian, Ari Kadi, Rizal Ula, Ananta Fauzi, Heny Sidanti, Hari Purwanto, Wisnu Waluyo, and Dzaqi Khoiruddin Lutfiy. 2022. “Marketing Online Dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Magetan (Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka).” 3(1):14–24.

Dwi, Citra, and Anggraeni Perbankan Syariah. n.d. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI INOVASI PRODUK.

Sari, Septyana Luckyta, Hari Purwanto, Diana Kartika Dewi, Lavenia Pratiwiningtyas, and Widya Febriantika Kurniasari. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Budidaya Kokedama Di Desa Sraten Kabupaten Ponorogo.” Madaniya 2(2):107–14. doi: 10.53696/27214834.61.

Srijani, Ninik, Slamet Riyanto, Diyah Santi Hariyani, and Ihtiari Prastyaningrum. 2022. “Pelatihan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Digital Entrepreneurship Pada Mahasiswa.” J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(8):1707–14.

Usman. 2020. “Sosialisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Masa Pandemik Covid-19.” 19:1–24.

Wijaya, Anggita Langgeng, Astika Kusuma, Ayu Rosalianita, and Karuniawati Hasanah. 2022. “Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Dan Pelatihan Pemasaran Digital.” 7(2):400–410. doi: 10.30653/002.202272.71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.