IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA)

Muhammad Misbahudholam AR, Asmoni Asmoni

Abstract


 

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam memajukan sebuah bangsa, karena kunci dan maju atau tidaknya suatu bangsa berada pada generasi penerus bangsa yang harus benar-benar mengenyam pendidikan dengan baik. Namun, berbanding terbalik dengan keadaan sekolah tempat dilakukannya penelitian yakni di SDN Kalianget Barat V dimana maraknya masyarakat yang merantau ke Jakarta yang menyebabkan anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, sehingga pendidikan anak menjadi terbengkalai. Orang tua yang merantau ke Jakarta tidak mungkin berangkat tanpa ada sebab. Berbagai macam cara telah dilakukan pihak sekolah untuk meminimalisir permasalahan yang semakin meluas ini, mulai dari memanggil orang tua yang bersangkutan ke sekolah untuk meminta penjelasan serta memberi arahan, jika masih berada di tempat rantau pihak sekolah menghubungi melalui telepon. Ada empat jenis pola asuh orang tua terhadap anak yaitu : pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh demokratis, dan pola asuh situasional. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Kalianget Barat V rata-rata orang tua siswa disana lebih banyak yang menerapkan pola asuh situasional, sehingga membuat anaknya kebingungan dalam mengambil sebuah keputusan. Pendirian anak tidak akan kuat. Hal ini yang nantinya akan berpengaruh dalam anak memahami pentingnya pendidikan bagi dirinya.

Kata kunci: Pendidikan, Merantau, Pola Asuh


Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 7. No. 1.

Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.

Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.

Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun 2005. Skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.

AR, M. M. (2021). MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK.

AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis Steam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.

AR, M. M., & BASRI, H. (2018, September). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1).

AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.

AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.

AR, M. M., Rohmah, A. A., Sattina, S., Asmauliyah, S. N., Wujdiyani, W., & Warist, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Usia Dini Melalui Program Rumah Ramah Anak Di Desa Aenganyar Pulau Giligenting Sumenep. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 54-66.

AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.

Ar, M. M., Rofik, R., & Hanafi, A. (2023). Expensive Political Costs in the 2024 Simultaneous Elections. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 1(1), 01-20.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Ayun, Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan MetodePengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak : Jurnal Tufulan. Vol. 5. No. 1.

Chatib, Munif. Orang Tuanya Manusia. Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Dariyo, Agus. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahap Tahun Pertama. Bandung : PT. Refika Adimata

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1422-1433.

Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96-115.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3).

Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola Asuh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037-1051.

Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.