PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MATERI BUNYI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Silvi Kusuma Wardani, Akhmad Jufriadi, Maris Kurniawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena kurangnya media pembelajaran pada sebuah sekolah sehingga kurang bisa mengembangkan potensi berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan e-modul fisika dalam meningkatkan berpikir kritis siswa dengan materi bunyi, menguji kelayakan e-modul fisika untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dengan materi bunyi serta menguji kelayakan e-modul fisika untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. E- Modul yang dikembangkan yaitu materi bunyi kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menganalisis respon siswa terhadap e-modul dalam pembelajaran serta angket guru mengenai efektivitas penggunaan e-modul pada pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis validasi dari para ahli mendapatkan hasil cukup baik, berdasarkan uji efektivitas mendapatkan skor presentase sebesar 58,26% yang memiliki arti cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa pengembangan emodul untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis pada pokok bahasan bunyi dapat diimplemetasikan dalam pembelajaran.

 Kata Kunci: E-Modul, Bunyi, Berpikir kritis 


Full Text:

PDF

References


Pane, A. N., Andra, D., & Wayan Distrik, I. (2021). The development physics e-module based PBLIntegrated STEM

to improve higher-order thinking skills on static fluid material. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1796/1/01208

Purnamasari, I., Khasanah, I., & Wahyuni, S. (2020). Digital literacy for children based on steam in family education. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). https://doi.org/10.1088/1742 6596/1464/1/012032

Suciati, I. (2022). Implementasi Higher Order Thinking Skills Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Koordinat Jurnal MIPA, 3(1), 7–16. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i1.32

Suganda, E., Latifah, S., Irwandani, Sari, P. M., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., Rahman, M. M. (2021). STEAM and Environment on students’ creative thinking skills: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742 6596/1796/1/012101

Widarwati, D., Utaminingsih, S., & Murtono. (2021). STEAM (Science Technology Egineering Art Mathematic) Based Module for Building Student Soft Skill. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012106

Yuni, S., Sahyar, & Bukit, N. (2021). Analysis the components of Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) in Senior High School Physics Textbook. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012118

Yuni, S., Sahyar, & Bukit, N. (2021). Analysis the components of Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) in Senior High School Physics Textbook. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012118


Refbacks

  • There are currently no refbacks.