STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM THIRTA SHANUM MELALUI PENERAPAN DIGITAL MARKETING

Roni Alim Ba'diya Kusufa, Riril Mardiana Firdaus, Yoyok Seby Dwanoko, Ika Meviana, Khoirul Ilmiyati

Abstract


Pelaku usaha (UMKM) harus cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Media sosial adalah salah satu jenis teknologi yang banyak digunakan. Karena itu, banyak UMKM menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran. Bisnis harus memiliki pengelolaan pemasaran yang baik agar dapat berkembang dan bersaing. Strategi pemasaran dan pembaharuan pemasaran (marketing mix) adalah komponen penting dalam pemasaran. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk menerapkan digital marketing kepada UMKM Thirta Shanum olahan lidah buaya di kelurahan Kepanjen Kecamatan kepanjen kabupaten Malang. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik terstruktur. Pengabdi melakukan wawancara dengan top level management yakni pemilik UMKM Tirtha Shanum. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk membantu permasalah mitra adalah Participatory Learning and Action (PLA). Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa aplikasi dari digital marketing memberikan pengaruh yang besar terhadap pemasaran produk. Digital marketing yang digunakan yaitu melalui berbagai media masa seperti, instagram (Tirtha_shanum), facebook (tirtha shanum olahan lidah buaya), dan web (http://lidahbuayamalang.blogspot.com/). Dengan pemasaran produk melalui media digital marketing maka volume penjualan dapat meningkat sehingga omzet dan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku UMKM juga meningkat. Setelah pemberian pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM maka mitra sudah mempunyai interlink antar sektor dan website UMKM. Selain itu mitra sudah mampu menerapkan digital marketing. Dengan menerapkan digital marketing maka rata – rata pendapatan perbulan yang diperoleh UMKM Tirtha shanum mengalami peningkatan 200–300%.


Full Text:

PDF

References


Afrilia, Ascharisa Mettasatya. 2018. “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran ‘Waroenk Ora Umum’ Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen.” Jurnal Riset Komunikasi 1(1):

–57.

Dhamayantie, Endang, and Rizky Fauzan. 2017. “Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm.” Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis

dan Kewirausahaan (March).

Fadhilah, Dian Azmi, and Tami Pratiwi. 2021. “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha ‘Kremes Ubi’ Di Desa Cibunar, Kecamatan

Rancakalong, Sumedang).” Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen XII(1): 17–22.

Öztamur, Dilhan, and İbrahim Sarper Karakadılar. 2014. “Exploring the Role of Social Media for SMEs: As a New Marketing Strategy Tool for the Firm Performance Perspective.” Procedia - Social and

Behavioral Sciences 150: 511–20.

Robby Aditya, and R Yuniardi Rusdianto. 2023. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2(2): 96–102.

Romadhoni, Buyung Romadhoni, Akhmad Akhmad, Idham Khalid, and Arief Muhsin. 2022. “Pemberdayaan Umkm Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten

Gowa.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 6(3): 1074–88.

Trulline, Putri. 2021. “Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce.” Jurnal Manajemen Komunikasi 5(2): 259.

Utama, Iston Dwija. 2019. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Bandung.” EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 7(1): 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.