PENGEMBANGAN JOBSHEET BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH OTOMASI INDUSTRI UNTUK MENUNJANG MERDEKA BELAJAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

Sulistyaning Kartikawati, Nurulita Imansari, M. Mei Fajar Nurokhim Arifki, Sauqi Rifa’i Hasan, Defit Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan jobsheet berbasis proyek untuk mata kuliah Otomasi Industri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, develop, implement dan evaluate. Subjek penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah Otomasi Industri yang berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari kuesioner validasi yang diisi oleh 2 ahli otomasi industri dan kuesioner kemenarikan jobsheet yang diisi oleh mahasiswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah jobsheet berbasis proyek yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan pada mata kuliah Otomasi Industri. Selanjutnya berdasarkan respon mahasiswa terhdapat kemanrikan pembelajaran menggunakan jobsheet berbasis proyek diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan jobsheet berbasis proyek dinyatakan menarik.

 

Kata Kunci:  Jobsheet, Proyek, Otomasi Industri, Pendidikan Teknik Elektro, Merdeka Belajar


Full Text:

PDF

References


Fadli, R., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan Jobsheet Trainer Motor Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 38-42.

Hamzah, Amir (2019) Metode Penelitian dan Pengembangan Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Batu : Literasi Nusantara.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Center for Society Studies (CSS)

Ikhwan, I., & Yuhendri, M. (2023). Penyusunan Jobsheet Kendali Motor Servo Berbasis Human Machine Interface. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 64-71.

Riduwan. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Romana, R. A. (2020). Pengembangan Jobsheet Pratik Batu Beton Sesuai Standar Kerja Nasional Indonesia di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(2), 94-99.

Saputra, R., & Yuhendri, M. (2023). Pembuatan Job Sheet Kendali Motor Servo Menggunakan Variable Speed Drive. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 117-124.

Sinaga, R. (2018). Studi Kelayakan Praktek Perancangan Instalasi Mesin Listrik Pada Laboratorium Mesin-mesin Listrik Politeknik Negeri Kupang. Jurnal Ilmiah Flash, 4(1), 37-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.