PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KABUPATEN BANGKALAN

Siti Maria Ulfa, Tera Athena, Mariyatul Kiptiyah, Moh. Arief Wahyudi, Moh. Hafidz, Hendra Sudarso, Moh. Kurdi Wijaya, Arfiyan Ridwan, Maulana Yusuf Aditya, Iin Rachmawati, Chairuddin Chairuddin

Abstract


Adanya pergantian kurikulum menimbulkan beberapa hal baik negatif dan positif. Perubahan kurikulum yang cepat menimbulkan masalah baru, antara lain terkait dengan tingkat kesiapan lembaga penyelenggara pendidikan untuk menerapkan kurikulum yang baru, dan penyelenggara pendidikan percaya bahwa biaya pendidikan akan menjadi lebih mahal dengan perubahan kurikulum. Namun, dampak positifnya adalah siswa dapat belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.Hal ini berkaitan erat dengan tingkat pemahaman guru khususnya guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka tersebut. Banyak fakta dilapangan bahwa masih banyak guru yang kurang mampu membuat rencana pembelajaran yang sesuai kurikulum berlaku yang membantu program merdeka belajar sesuai persyaratan dari Kemendikbud. Berdasarkan hal tersebut, maka kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu guru dalam menyusun modul ajar yang siap digunakan dikelas. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan secara luring dan tahap evaluasi pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 18 guru fresh graduate dari SMP baik Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Bangkalan selama 3 (tiga) hari. Sebagai hasil dari kegiatan ini, dapat disampaikan bahwa kegiatan ini berdampak positif dan signifikan terhadap peningkatan wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan dalam Menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemahaman yang lebih prosedur penyusunan Modul ajar. Kemudian, setiap peserta dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas menyusun modul ajar sesuai dengan instruksi yang ada yang tentunya membantu merdeka belajar siswa.

Kata Kunci:  Pelatihan, Penyusunan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar 


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 236.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Ismail, M., Rispawati, R., Herianto, E., Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Basariah, B. (2022). Sosialisasi Penyusunan RPP Yang Mendukung Program Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru PPKN SMPN Se-Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 1(1), 39–42. https://doi.org/10.29303/jpimi.v1i1.714

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Mahmudah, I. (2023). Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.

Muhardini, S., Sudarwo, S., Anam, K., Bilal, A. I., Mayasari, D., Haifaturrahmah, H., Winata, A., Haeruni, H., Husnah, A., Pratiwi, N. M. S., Nurjannah, N., Hidayanti, N., Fitri, R., Susilawati, S., Milandari, B. D., & Ibrahim, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Gugus 5 Kota Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 839. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14580

Nurhasanah, A., Simbolon, M. E., & ... (2022). Fasilitasi Pengembangan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan …, 3(3), 2020–2023. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3172

Nurmitasari, N., Kayyis, R., Astuti, R., & Khasanah, B. A. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri 02 Bangunsari. Jurnal Bagimu Negeri, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1862

Sabariah, H., & Ridha, Z. (2013). Sosialisasi Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka Belajar dan RPP di SD IT Makmuniyyah Tanjung Pura Langkat. Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 14(2085), 1–9.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Situmeang, S. A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU IPA di KELAS RENDAH. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS, 3(1), 2023.

Siska, E., Eva, N., Lestari, P., Rachmah, S. M., Elvira, L., Ekonomi, F., Manajemen, P. S., Bina, U., & Informatika, S. (2023). Sosialisasi Kurikulum Merdeka dan Aplikasi Belajar Online Gratis pada Yayasan Mathla ’ ul Anwar sebagai Bentuk Dukungan Perguruan Tinggi terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International. 1–9.

Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325


Refbacks

  • There are currently no refbacks.