SKIZOAFEKTIF DALAM NOVEL SIHIR PAMBAYUN KARYA JOKO SANTOSO KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Junal Junal, Ana Yuliati, Mariam Ulfa, Rozekki Rozekki, Sakrim Sakrim, Muhri Muhri, Buyung Pambudi, Andaru Ratnasari, Ria Kristia Fatmasari, M. Helmi, Ahmad Yani

Abstract


Permasalahan yang ada dalam novel merupakan salah satu daya tarik pembaca yang terkadang penulis ambil dari kisah yang sedang marak terjadi dilingkungannya. Dalam novel Sihir Pambayun karya Joko Santoso konflik yang menjadi daya tarik pembaca muncul dari sifat tokoh yang seperti mudah berubah-ubah dengan cepat dan banyak melakukan hal gila yang dalam dunia nyata disebut dengan penyakit bipolar disorder atau lebih tepatnya skizofrenia dengan tahapan episode mania dan episode hipomania yang mana penderita akan sangat merasa depresi dengan gejala mood yang ekstrim bahkan akan nekat melukai orang disekitarnya atau pun dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan skizoafektif episode mania dan untuk mendeskripsikan skizoafektif episode hipomania dalam novel Sihir Pambayun karya Joko Santoso. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan sumber data yang di dapat dari novel Sihir Pambayun karya Joko Santoso. Langkah-langkah teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: mengambil kutipan baik frasa, klausa, kalimat, mau pun paragraf dalam novel Sihir Pambayun karya Joko Santoso, memahami keterkaitan data dengan psikoanalisis Sigmund Freud, dan mengklasifikasi data sesuai rumusan masalah.

Kata Kunci: Skizoafektif, episode mania, episode hipomania 


Full Text:

PDF

References


Astuti, Umi (2015). “degradasi moral tokoh utama dalam novel Rintik Tawa karya Rosa Amanda Salim kajian psikologi sastra”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP PGRI Bangkalan.

Banfatin, Febryanto, Franky (2013). Identifikasi Peningkatan Keberfungsian Sosial Dan Penurunan Risiko Bunuh Diri Bagi Penderita Gangguan Kesehatan Mental Bipolar Disorder Di Kota Medan Melalui Terapi Pendampingan Psikososial. https://jurnal.usu.ac.id. Diakses pada tanggal 03 Januari 2020.

Citraningtyas, Theresia (2017). Gangguan Skizoafektif: Penerapan DSM-5 pada Entitas Diagnostik yang Hampir Dihilangkan. https://ejournal.ukrida.ac.id. Diakses pada tanggal 03 Januari 2020.

Freud, Sigmund (2016). Psikoanalisis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jaya, Alim, Muhammad. 2019. Gangguan Skizoafektif Tipe Manik. https://jurnal.fk.umi.ac.id. Diakses pada tanggal 03 Januari 2020.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Edisi Kelima. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020.

Lestari, Legi, Miuri, dkk. (2017). Hubungan Aspek Sosiologi Pengaarang Dengan Unsur Intrinsik alam Novel Nijuushi NoHitomi. https://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 26 September 2020.

Minderop, Albertine (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. https://books.google.co.id. Diakses pada tanggal 26 September 2020.

N., Putra, Yoel (2015). Perancangan Novel Grafis Pengenalan dan Penanganan Bipolar Disorder. https://publication.petra.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Notosoedirdjo, Moeljono dkk. (2016). Kesehatan Mental Konsep dan Penerapan. Malang: UMM Press.

Nurgiyantoro, Burhan (2015). Teori Pengkajian Fiksi. https://staffnew.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 18 Januari 2020.

Rahmayanti, Yeni, Nur (2010). Pengaruh Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Skizoafektif di RSJD Surakarta. https://etd.eprints.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 03 Januari 2020.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Tinambunan, Rembak, Iriawan (2018). Komorbiditas Fisik pada Gangguan Bipolar di RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. https://scholar.ui.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Warsiman (2017). Pengantar Pembelajaran sastra Sajian dan Kajian Hasil Riset. https://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.