KUSTOMISASI MOODLE SEBAGAI GAME EDUKASI INTERAKTIF DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN KEAMANAN SIBER PADA MURID SD DAN SMP

Kelik Sussolaikah, Andria Andria, Ridam Dwi Laksono

Abstract


Terjadinya kasus peretasan yang semakin marak, diperlukan suatu upaya preventif. Diantaranya dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga aset digital. Cyber security awareness atau kesadaran dalam mengamankan suatu data maupun akun yang merupakan aset digital perlu dipahami oleh berbagai kalangan, termasuk pada lingkup pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai keamanan siber kepada pihak sekolah di tingkat SD dan SMP yang dikemas dalam bentuk kuis atau permainan interaktif yang memuat konten seputar keamanan siber. Media yang digunakan yaitu Learning Management System (LMS) Moodle dengan kustomisasi plugin H5P Interactive Content. Uji coba platform dilakukan pada beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di kota Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dalam metode R&D, pengembangan awareness dan keamanan dalam mengakses internet bisa dilakukan dengan lebih signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kustomisasi pada LMS Moodle sebagai game interaktif mampu meningkatkan kemampuan literasi digital siswa utamanya dalam pemahaman mengenai keamanan siber.

Kata Kunci:  Game Interaktif, H5P, Keamanan Siber, Learning Management System, Moodle


Full Text:

PDF

References


Candra Wulan, Puspa Ira Dewi, Danis Putra Perdana, Aldhi Ari Kurniawan, and Rofiq Fauzi. 2022. “Sosialisasi Cyber Security Awareness Untuk Meningkatkan Literasi Digital Di SMK N 2 Salatiga.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(2):213. doi: 10.28989/kacanegara.v5i2.1204.

Meisye Anastacya Pinoa, and Hendry. 2021. “Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis LMS Menggunakan Moodle ( Studi Kasus : PT Global Infotech Solution ).” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 8(2):647–63.

Sahren, S., I. Irianto, and A. Afrisawati. 2022. “Pelatihan Security Awarness Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Pada Kelompok Pengrajin Batu Bata Pulo Bandring.” Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat 2(2):181–86.

Sefina Samosir, Ridha, and Nuraini Purwandari. 2020. “Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D Dan MDLC Web-Based Digital Literacy Using R&D and MDLC Methods.” Techno.Com 19(2):157–67. doi: 10.33633/tc.v19i2.3318.

Siagian, Lauder, Arief Budiarto, Prodi Strategi, Pertahanan Udara, and Universitas Pertahanan. 2017. “The Role of Cyber Security in Overcome Negative Contents To.” 1–18.

Tandirerung, V. A., and R. T. Mangesa. 2023. “Pengenalan Cyber Security Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas.” … Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):89–94.

Utari, Dian Asa, Miftachudin Miftachudin, Lusia Eni Puspandari, Ika Erawati, and Desitri Cahyaningati. 2022. “Pemanfaatan H5P Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Online Interaktif.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 7(1):63–69. doi: 10.21107/metalingua.v7i1.14896.

Wikanso and R.D. Laksono. 2022. “Efektivitas Metode Asynchronous dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan Web untuk LMS Adaptif berbasis Gaya Belajar”. Jurnal Pendidikan Edutama 9 (1): 11-18.

Yasir, Muhammad. 2023. “Edukasi Trend Kejahatan Cyber Pada Smk Persada Husada Indonesia.” COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 3(4):1274–81. doi: 10.59141/comserva.v3i4.912.

Yuliana Yuliana. 2022. “Pentingnya Kewaspadaan Berinternet Untuk Kesehatan Mental Anak Dan Remaja.” Jurnal Ilmu Medis Indonesia 2(1):25–31. doi: 10.35912/jimi.v2i1.1218.

Zyainuri, Zyainuri, and Eko Marpanaji. 2013. “Penerapan E-Learning Moodle Untuk Pembelajran Siswa Yang Melaksanakan Prakerin.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2(3):410–26. doi: 10.21831/jpv.v2i3.1046.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.