FUNCTIONAL TESTING APLIKASI MORAL IQ UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN CALON GURU

Samsul Arifin, Dwi Setiyadi, Sutri Ekawati, Rara Risma Gressilya, Alfiyatu Nuuriyyah Aa Minatul Imaamah

Abstract


Learning loss pasca pandemi covid-19 terbukti menghambat penguatan kompetensi kepribadian calon guru. Hal ini terjadi karena mahasiswa tidak cukup mendapatkan paparan situasi nyata dalam bersikap di sekolah sebagaimana seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sistem aplikasi Moral IQ yang telah disusun. Desain yang digunakan adalah black box testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketujuh kategori functional testing yang meliputi pengujian unit, sistem, penanganan error, performansi, instalasi dan loading, bantuan pengguna, dan validitasnya tergolong baik. Hal ini bermakna bahwa perangkat lunak dan spesifikasi fungsional aplikasi telah sesuai dengan masukan dan kebutuhan pengguna

Kata Kunci: Functional testing, Aplikasi Moral IQ, Kompetensi kepribadian, Calon guru


Full Text:

PDF

References


Achmad, Y. F., & Yulfitri, A. (2020). Pengujian Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Black Box Testing Studi Kasus E-Wisudawan Di Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal. Jurnal Ilmu Komputer, 5, 42.

Ambarwati, R., Arifin, S. ;, & Rosita Sari, D. ; (2014). Pengembangan Modul pembelajaran mikro berbasis instructional approach. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.25273/jp-lppm.v2i2.362

Amiroh, D., Kusairi, S., & Sugiyanto, S. (2020). Pengembangangan Sistem Penilaian Formatif Berbantuan Web (Electronic Assessment Tool) Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika. Brilliant: Jurnal riset dan Kontekstual, 5(1993), 488–498.

Arifin, S. (2021). Membentuk calon guru bahasa Inggris profesional di masa pandemi Covid-19. In Inovasi di bidang Pendidikan guna menghasilkan generasi tangguh (: 1–24). CV. AE Media Grafika.

Arifin, S., & Sumani. (2017). Analisis kualitas modul pembelajaran mikro berbasis moral intelligence dengan pendekatan instruction. Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 91–96. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/35

Arifin, S., & Sumani, S. (2016). challenges on pre-services teachers ’ competence. The 63rd TEFLIN International Conference on Creativity and Innovation in Language Materials Development and Language Teaching Methodology in ASIA and beyond, 127–131. https://karyailmiah.unipasby.ac.id/2017/08/22/the-63-teflin-proceedings/

Bagdha Vatchala Perumal, & Vinothkumar.K. (2022). The Uses of Web 2.0 Technologies in Teaching and Learning (1 ed., Nomor July). Insta Publlishing. www.instapublish.in

Beheshtifar, M., Esmaeli, Z., & Moghadam, M. N. (2011). Effect of moral intelligence on leadership. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, 43, 6–11. http://www.eurojournals.com/EJEFAS.html

Borba, M. (2001). Building Moral Intelligence: The Seven Essential Virtues That Teach Kids to Do the Right Thing. Jossey-Bass.

Diermeier, D. (2021). Moral intelligence. In Responsible Leadership (: 262–278). Routledge. https://doi.org/10.4324/b22741-17

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290

Hanifah, Umi, Alit, Ronggo, S. (2012). Metode Pengujian Perangkat Lunak Yang Berfokus Pada Sisi Fungsionalitas. Blackbox (Blackbox Testing), XI.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hendartie, S., Jayanti, S., Sutejo STMIK Palangkaraya, H., Palangkaraya, S., Sepuluh Nopember Jayapura Jl Obos No, S. G., Palangka Raya, K., Tengah, K., Raya No, J., Jayapura Selatan, D., & Jayapura, K. (2023). PENGUJIAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) STMIK PALANGKARAYA MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING (Testing the STMIK Palangkaraya New Student Admission Application Using Black Box Testing). Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi e-issn, 5(2), 31–40. https://pmb.stmikplk.ac.id/

Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., Zulaiha, F., & Aliyyah, R. R. (2021). Persepsi Dosen Dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 4(2), 1–12. https://ojs.unm.ac.id/Indonesia/article/view/22289

Joshua, J. N., Swastika, I. P. A., & Estiyanti, N. M. (2016). The Effectiveness of E-Learning Implementation Using Social Learning Network Schoology on Motivation & Learning Achievement. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(1), 28. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i1.9914

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54

Kartikawati, S., Mursidik, E. M., Meikayanti, E. A., Pertiwi, C. P., Arifin, S., Kadafi, A., & Afifah, S. N. (2023). Buku Pedoman Pengajaran Mikro (2 ed.). CV. AE Media Grafika. https://upplm.unipma.ac.id/download/6078/pedoman-pengajaran-microteaching-genap-2022-2023

Karya, G. (2013). Pembangkitan Skenario Dan Data Uji Performansi Dan Kapasitas Situs Web Terotomasi. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2–4.

Kusumantara, K. S. (2017). Pengaruh e-Learning Schoology terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital dengan Model Pembelajaran Savi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 126–135. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387

Kutty, S. R., & Thambu, N. (2017). Exploring Moral Thinking Using Videos in Flipped Classroom. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 407–416. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i11/3474

Majid, I., & Verma, S. (2018). Web 2.0 Technological Tools in Teaching and Learning. International Journal of Education, 10(April), 55–60. http://ijoe.vidyapublications.com

Mukhalafatun, S., & Hanan, H. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran e-learning di perguruan tinggi. Prosiding: Konferensi Nasional Pendidikan, 78–83. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Nugraha, A., & Imaddudin, A. (2019). Experiential Based Counseling Untuk Meningkatan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 36–42. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/384/238

Pandara, E. (2014). Implementasi Proses Uji Sistem Informasi Admisi. E-journal Teknik Informatika, 4(2), 1–6.

Perikos, I., Grivokostopoulou, F., Kovas, K., & Hatzilygeroudis, I. (2015). Assisting tutors to utilize web 2.0 tools in education. Proceedings of the International Conference on e-Learning 2015, E-LEARNING 2015 - Part of the Multi Conference on Computer Science and Information Systems 2015, Blaschke 2014, 121–128.

Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2015 Tentang Uji Kompetensi Guru Atau Pendidik Lainnya Dan Tenaga Kependidikan Dengan. https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Permendikbud Nomor 43 Tahun 2015 Tentang Uji Kompetensi Guru atau Pendidik.pdf

Pramadya, A., Romansyah, A., & Septiani, S. (2022). Pengelolaan Instalasi Komputer (Nomor 1). Unpam Press. https://repository.unpam.ac.id/10119/1/SIF0203_PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER.pdf

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Putri, T. S., & Zahrati, W. (2022). Pengujian Reliabilitas Aplikasi Smart City Menggunaan Teknik Eksplorasi berbasis Tur. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 4(1), 77–96. https://doi.org/10.33701/jtkp.v4i1.2700

Ricahyono, S., & Arifin, S. (2016). pelatihan penyusunan kegiatan pembelajaran paikem inovatif berbasis 101 metode guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru mgmp madrasah tsanawiah se-kabupaten madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 1, 43. https://doi.org/10.25273/jta.v1i1.342

Romadhani, D., & Harahap, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Website Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1222–1239. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1340

Sari, M. I. (2019). The Use of Web 2.0 Tools for Learning in EFL Context: Pre-service Teachers’ Voice. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 4(2). https://doi.org/10.18196/ftl.4243

Sumani, & Arifin, S. (2018). The EFL Pre-Services Teachers’ Pedagogical Competence Based on the Instructional Approach. Proceedings of the International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2017), 145(Iconelt 2017), 204–207. https://doi.org/10.2991/iconelt-17.2018.45

Susanto, A., & Meiryani. (2019). System Development Method with The Prototype Method. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 141–144. https://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0719-20608

Sutrisna, G., & Artajaya, G. S. (2022). Problematika kompetensi kepribadian guru yang memengaruhi karakter peserta didik. Stilistika, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416908


Refbacks

  • There are currently no refbacks.