PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI KONSUMEN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE UP SIDE DOWN MADIUN

Fahmi Purbaningrum

Abstract


Semakin banyaknya bisnis cafe yang bermunculan dengan konsep-konsep yang unik menuntut masing-masing  pelaku  bisnis  cafe  harus mampu  bersaing  agar  konsumen memutuskan  untuk memilih  cafe  tersebut  sebagai  tempat  pilihan  berkumpul bersama keluarga,  saudara  maupun teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhdap keputusan pembelian, pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas pelayanan  terhdap  keputusan pembelian  pada  Café  Up  Side  Down  Madiun.  Metode  dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, interview (wawancara), observasi. Sedangkan analisis data menggunakan Analisi regresi linier berganda.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun. 2) Secara  parsial  persepsi  konsumen  memiliki  pengaruh  yang signifikan terhadap  keputusan pembelian  pada  Café Up  Side Down  Madiun. 3)  Secara parsial kualitas  pelayanan  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun.

Kata Kunci: Word Of Mouth, Persepsi Konsumen, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Adler, Ronald B & Rodman, George. (2010). Understanding Human

Comunication. Jakarta: Erlangga.

Aini, K., & Rahmawaty, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Alfamidi Super, Jalan Kaliurang, Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 60-68.

Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. Bandung: Cv Alfabeta. In Bandung: Cv Alfabeta. Asaran & Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Asrizal, A., Indrayani, T. I., & Fatiha, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E- Commerce Terhadap Pembelian Secara Online. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 6(1).

Assael, H. (2002). Consumer Behavior And Marketing Action. Fourth Edition.

Boston: Pws-Kent Publishing Company.

Diana, A., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Starbucks Coffee Stasiun Gambir). S1 Manajemen, 1-20.

Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal Of Management Small And Medium Entreprises (Sme’s), 10(3), 299-310.

Firmansyah A. 2019. Perilaku Konsumen :Sikap Dan Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. ,Edisi

Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, D. (2013). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Hasan, A. 2017. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo. Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pem

Indriantoro, Nur. Dan Supomo, Bambang. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Balai Penerbitan Fakultas Ekonomi, Yogyakarta.

Jafrizal, J. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 329-340.

Kasali. (2012). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi,Targeting Dan

Positioning. Jakarta: Gramedia,

Kotler & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga

Kotler & Sutanto. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks,

Kotler Dan Keller. (2012). Marketing Managemen. (Edisi 14). Global Edition: Pearson Education.

Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid

Kesatu. Edisi Ketiga. Jakarta :Erlangga.

Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran Di Indonesia (Edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.

Lestiani, E. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. Bjrm (Bongaya Journal Of Research In Management), 3(2), 07-13.

Lovelock, C, Dan John Wirtz, 2011. Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7. Jakarta

:Erlangga

Lupiyoadi, R. Dan Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta

:Salemba Empat.

Lupiyoadi,R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta :Salemba Empat. Machfoedz Dan Mahmud. (2015). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta:

Upp Amp Ykpn,

Mahendra, I. K. A., Pertama, I. G. A. W., & Idawati, I. A. A. (2022). Pengaruh Harga, Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Cv. Lagas Jaya Badung. Warmadewa Management And Business Journal (Wmbj), 4(2), 103-111.

Milton &Desy.Materi Umum Persepsi Dasar.Bandung.2010.Hlm.4.

Mowen, John Dan Michael Minor. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga. Mulyadi. (2011). Perilaku Konsumen. Semarang: Alfabeta

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.

Pranata, C. W., Sherlly, S., Vincent, V., & Fitriano, A. (2021, June). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 2, Pp. 331-339).

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.

Rahmasari, N. L., Fauzi, R. U. A., & Fatmala, I. A. (2022, October). Pengaruh Persepsi Konsumen, Sales Promotion Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Oppo Di Kota Madiun. In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 4).

Rangkuti, Freddy. (2012). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis. Kasus.

Integrated Marketing Communication. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka

Utama.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A.2009. Organizational Behavior Edition

, New.Jersey: Pers0n Education

Samsinar (2021). Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia Pada Masyarakat Milenial Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok. Skripsi. Uin Sultan Syarif Kasim Riau.

Sangadji Dan Sopiah. (2013). Definisi Perilaku Konsumen, Buku Pendekatan

Praktis. Jakarta: Andi.

Santoso, S. (2016). Spss Statistik Multivariant. Jakarta: Pt. Elek Media

Komputindo,

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Angkringan Kota Kediri. Benefit, 3(1), 31-44.

Sarwono, J. Dan Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis Di

Internet. Jakarta: Elex Media Koputindo

Sernovitz. (2009). Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, M. F. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Cafe Shelter 1 Coffee Jalan Jamin Ginting Medan) (Doctoral Dissertation).

Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2015). Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru.

Sutisna. (2013).Perilaku Konsumen Dan Komunikas Ipemasaran, Erlangga, Jakarta.

Swastha, B Dan Handoko. (2015). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku

Konsumen. Yogyakarta: Bpfee

Swastha, B. & Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Jakarta. Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi

Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi. Yogyakarta: Ombak.

Zeithaml. Valarie, Bitner & Gremler. (2013). Service Marketing - Integrating. Customer Focus Across The Firm, Sixth Edition. New York: Mcgraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun