PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI KONSUMEN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE UP SIDE DOWN MADIUN
Abstract
Semakin banyaknya bisnis cafe yang bermunculan dengan konsep-konsep yang unik menuntut masing-masing pelaku bisnis cafe harus mampu bersaing agar konsumen memutuskan untuk memilih cafe tersebut sebagai tempat pilihan berkumpul bersama keluarga, saudara maupun teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhdap keputusan pembelian, pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas pelayanan terhdap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, interview (wawancara), observasi. Sedangkan analisis data menggunakan Analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun. 2) Secara parsial persepsi konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun. 3) Secara parsial kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Café Up Side Down Madiun.
Kata Kunci: Word Of Mouth, Persepsi Konsumen, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDFReferences
Adler, Ronald B & Rodman, George. (2010). Understanding Human
Comunication. Jakarta: Erlangga.
Aini, K., & Rahmawaty, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Alfamidi Super, Jalan Kaliurang, Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 60-68.
Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. Bandung: Cv Alfabeta. In Bandung: Cv Alfabeta. Asaran & Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.
Asrizal, A., Indrayani, T. I., & Fatiha, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E- Commerce Terhadap Pembelian Secara Online. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 6(1).
Assael, H. (2002). Consumer Behavior And Marketing Action. Fourth Edition.
Boston: Pws-Kent Publishing Company.
Diana, A., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Starbucks Coffee Stasiun Gambir). S1 Manajemen, 1-20.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal Of Management Small And Medium Entreprises (Sme’s), 10(3), 299-310.
Firmansyah A. 2019. Perilaku Konsumen :Sikap Dan Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. ,Edisi
Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gujarati, D. (2013). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.
Hasan, A. 2017. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo. Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pem
Indriantoro, Nur. Dan Supomo, Bambang. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Balai Penerbitan Fakultas Ekonomi, Yogyakarta.
Jafrizal, J. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 329-340.
Kasali. (2012). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi,Targeting Dan
Positioning. Jakarta: Gramedia,
Kotler & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga
Kotler & Sutanto. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks,
Kotler Dan Keller. (2012). Marketing Managemen. (Edisi 14). Global Edition: Pearson Education.
Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid
Kesatu. Edisi Ketiga. Jakarta :Erlangga.
Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran Di Indonesia (Edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.
Lestiani, E. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. Bjrm (Bongaya Journal Of Research In Management), 3(2), 07-13.
Lovelock, C, Dan John Wirtz, 2011. Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7. Jakarta
:Erlangga
Lupiyoadi, R. Dan Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta
:Salemba Empat.
Lupiyoadi,R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta :Salemba Empat. Machfoedz Dan Mahmud. (2015). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta:
Upp Amp Ykpn,
Mahendra, I. K. A., Pertama, I. G. A. W., & Idawati, I. A. A. (2022). Pengaruh Harga, Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Cv. Lagas Jaya Badung. Warmadewa Management And Business Journal (Wmbj), 4(2), 103-111.
Milton &Desy.Materi Umum Persepsi Dasar.Bandung.2010.Hlm.4.
Mowen, John Dan Michael Minor. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga. Mulyadi. (2011). Perilaku Konsumen. Semarang: Alfabeta
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.
Pranata, C. W., Sherlly, S., Vincent, V., & Fitriano, A. (2021, June). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 2, Pp. 331-339).
Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.
Rahmasari, N. L., Fauzi, R. U. A., & Fatmala, I. A. (2022, October). Pengaruh Persepsi Konsumen, Sales Promotion Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Oppo Di Kota Madiun. In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 4).
Rangkuti, Freddy. (2012). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis. Kasus.
Integrated Marketing Communication. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka
Utama.
Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A.2009. Organizational Behavior Edition
, New.Jersey: Pers0n Education
Samsinar (2021). Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia Pada Masyarakat Milenial Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok. Skripsi. Uin Sultan Syarif Kasim Riau.
Sangadji Dan Sopiah. (2013). Definisi Perilaku Konsumen, Buku Pendekatan
Praktis. Jakarta: Andi.
Santoso, S. (2016). Spss Statistik Multivariant. Jakarta: Pt. Elek Media
Komputindo,
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Angkringan Kota Kediri. Benefit, 3(1), 31-44.
Sarwono, J. Dan Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis Di
Internet. Jakarta: Elex Media Koputindo
Sernovitz. (2009). Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, M. F. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Cafe Shelter 1 Coffee Jalan Jamin Ginting Medan) (Doctoral Dissertation).
Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2015). Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru.
Sutisna. (2013).Perilaku Konsumen Dan Komunikas Ipemasaran, Erlangga, Jakarta.
Swastha, B Dan Handoko. (2015). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku
Konsumen. Yogyakarta: Bpfee
Swastha, B. & Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Jakarta. Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi. Yogyakarta: Ombak.
Zeithaml. Valarie, Bitner & Gremler. (2013). Service Marketing - Integrating. Customer Focus Across The Firm, Sixth Edition. New York: Mcgraw Hill.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun