PENGARUH PROMOSI, HARGA, CITRA DESTINASI, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA WATU RUMPUK (Studi Kasus pada Objek Wisata Watu Rumpuk Mendak di Kabupaten Madiun)

Agus Sesar Rubianto, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris adanya pengaruh secara bersama-sama pada variabel Promosi, Harga, Citra Destinasi dan Aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Watu Rumpuk. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden dan diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian, berdasarkan Uji Parsial (Uji t), menunjukkan bahwa variabel Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Variabel Harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Citra Destinasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, begitu pula dengan variabel Aksesibilitas. Hasil dari Uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama, variabel independen (Promosi, Harga, Citra Destinasi, dan Aksesibilitas) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung.

Kata Kunci: Promosi, Harga, Citra Destinasi, Aksesibilitas, Keputusan Berkunjung.


Full Text:

PDF

References


Annury Camelia, N. B. (2020). The Attraction Of Attraction And Accessitability On Decision Visiting Backtourism Gandoriah Beach Tourism Object In Pariaman City, Jurusan Manajemen , Fakultas Ekonomi , Universitas Ek. 2(1), 31–50.

Ardiansyah, K., Sumar, & Nugroho, A. A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Pantai Siangau Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 101–113. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i1.102

Arum Jati, T. D. S., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Promosi, Tarif, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Pengunjung Plaplay Indoor Theme Park Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 83–89. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27220

Ayumi, S. A., Riptanti, E. W., & Khomah, I. (2022). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM ) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata ( Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran. 6(1), 1–16.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Simamora). Universitas Diponegoro.

Mulyati, Y., & Masruri. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Menara Ilmu Lppm Umsb, XIII(1), 190–205.

Nafis, Raihan, S., Domestik, W., Malang, K., & Marga, U. P. (2020). Pengaruh Citra Destinasi dan Kepercayaan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. 8(1), 40–45.

Pamungkas, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Citra Destinasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Batu Flower Garden Coban Rais. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemeni,Unisma,16–26. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/download/1323/1321

Saputra, & Suryoko. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung Di Ekowisata Mangrove Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun, 1–7. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185

Sodik, Nawangsih, & Lukiana. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncak B29 Kabupaten Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 1(4), 48–51.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suryani, R., & Wahyu, M. (2018). Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. 16.

Wahyuni, S., Anggriani, I., & Putra, I. U. (2022). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Pada Wisata Buana Alit Bengkulu Tengah. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 379–390. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2013

Widayati, E., & Widiastuti, Y. P. (2022). OF TOURISM Pengaruh atraksi , lokasi , dan harga terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Hutan Pinus Pengger Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. 5(2), 199–218.

Wiraguna, I., & Pratama, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Bali Zoo di Singapadu. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(1), 45–54. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbjhttp://dx.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun