PENGARUH PROMOSI, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Mie Bledek Madiun)

Pupah Abivia, Apriyanti Apriyanti, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Bledek Madiun adalah restoran yang menyajikan makanan mie pada tahun 2015 Mie Bledek Madiun mulai di kenali di Masyarakat madiun, namun berjalannya waktu mulailah datang pesaing kompetitor dan pada tahun 2019 Mi Bledek Madiun sempat menutup tempat usahanya. Tahun 2020 Mie Bledek Madiun mulai memperbaiki tempat usahanya agar lebih menarik dan mulai membuka tempat usahanya kembali, tercatat penjualan Mie Bledek Madiun terus meningkat dari tahun 2020 terjual 12.000, tahun 2021 sebesar 14.000, dan tahun 2022 sebesar 18.000. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 384 responden. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisi data menggunakan alat uji berupa software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci: Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Aprileny, I., Imalia, I., Emarawati, J. A., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2021). Pengaruh Harga , Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J , Cileungsi Pada Pt . Kentanix Supra Internasional ). 4(3), 243–252.

Ariyanti, W. P., Hermawan, H., Izzudin, A., & Jember, U. M. (2022). Pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. IX, 85–94.

Desrianto, S. A. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam. 8(1), 2020–2033.

Dwi, V., & Safavi, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar The influence of service quality and brand image on prepaid card consumer satisfaction. 13(1), 142–150.

Fadillah, R. D. S. dan A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. 1(1), 1–8.

Gery, M. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen the Aliga Hotel Padang. Menara Ilmu, 12(9), 92–102.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares. Badan Penerbit Undip.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonaldâ€TMS Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1465–1473. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2923

Kotler, P., Armstrong, G., Saunders, J. and Wong, V. (2001), "Principles of Marketing, 2nd edition", Corporate Communications: An International Journal, Vol. 6 No. 3, pp. 164-165. https://doi.org/10.1108/ccij.2001.6.3.164.1

Nurhalimah, Siti, Leonardo Budi Hasiholan, dan C. H. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal of Management, 4(4), 1–15.

Nurhanifah, A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 3, 1–76.

Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 5, 57–68

Rabani, U. B. H. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor Ugeng. 147–159.

Rao, P. (2006). Measuring Customer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager.

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Rosanti, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makassar.

Rotinsulu, B. M. J. J. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi Terhadap Omzet Penjualan Telur Ayam Pada Pt. Pandu Prima Manado. 7(3), 2701–2710.

Saragih, B. (2020). Melalui Keputusan Pembelian Perumahan The. 8(2), 21–31.

Septian, D., Saputra, A., Manajemen, P. S., Batam, K., Riau, K., Pelayanan, K., & Konsumen, K. (2020). Maker: Jurnal Manajemen. 6(June), 43–53.

Siregar, N., Elfikri, M., Pembangunan, U., & Budi, P. (2022). Pengaruh Lokasi . Promosi , Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. 3(1), 1–9.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan pendekatan Kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV

Sumawan, D. (2015). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Soto Kudus Kauman, Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan).

Tambunan, E., & MM, S. E. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi Pada Kosmetik Wardah Di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan.

Tenriala, S. (2018). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Wong Solo Cabang Makassar.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang).

Tjiptono, D. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). andi.

Yulianto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168–172. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/244

Zhang, K., Pelechrinis, K., & Lappas, T. (2018). Effects of Promotions on Location-Based Social Media: Evidence from Foursquare. International Journal of Electronic Commerce, 22(1), 36–65. https://doi.org/10.1080/10864415.2018.1396118

Rambat Lupiyoadi.2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta : PT. Prenhallindo

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasran Jasa, Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun