PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IMPORT MIE SAMYANG DI KOTA MADIUN

Muhamad Aziz Taufiqurrohman, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian produk import mie samyang di kota madiun. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 384 responden. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan alat uji berupa software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk import mie samyang di Kota Madiun. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk import mie samyang di Kota Madiun. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk import mie samyang di Kota Madiun.

Kata Kunci : Kualiatas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Basuki, A. T. (2016). Analisa Regresi. Raja Grafindo Persada.

Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor) Anteng. Humanities, Management and Science Proceeding, 1(2), 173–189.

Gozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Made, M. G., Rodhiyah, & Widiartanto. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 462–473.

Njoto, D. P. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41711%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/41711/1/BAB I.docx

Nurlestari, D. M., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota Madiun). Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi 4, September.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08

Retno Wulandari. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 255. https://doi.org/10.32493/jee.v1i4.10706

Rosita. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Sonder 543. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 13. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.11055

Ryananda, M. H., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen, 14(2), 461–469. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11099

Sidanti, H., Fauzi, R. U. A., & Rohman, D. F. (2022). Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela (Studi Kasus Masyarakat Di Kota Madiun). SIMBA : Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4(September).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Sukmawati, D. A. R., & Marzuki, M. M. dan A. (2022). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc. 2(2), 579–599.

Tolan, M. S. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun