PENGARUH FITUR LIVE STREAMING, CONTENT MARKETING, DAN PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MS GLOW KOTA MADIUN)

Indah Ayu Puspitaningrum, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Fitur Live Streaming, Content Marketing, dan Platform Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ms Glow Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pengambilan sampel sebanyak 384 responden. Sampel penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 3. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuisioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian in menggunakan Model Pengukuran (Outer Model) dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Model Struktural (Inner Model), dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Fitur Live Streaming memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Content Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Platfrom Media Sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa keberadaan dan penggunaan Fitur Live Streaming, Content Marketing, dan Platform Media Sosial TikTok memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Ms Glow Madiun.

Kata Kunci: Live Streaming, Content Marketing, Platform Media Sosial, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. International Conference on Technology, Education and Sciences, 138–148. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index

Bimantara, I. M. W. (2021). Peranan Media Sosial dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rekaman di Demores Rumah Musik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 108. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.32312

Desti Eka Ramadanti Amin, K. F. (2023). 8056-24750-1-PB (1). Edunomika, 07.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Ni Putu Aprilia Dewi, Faizatul Fajariah, I. M. S. (2023). 4.+Dewi+et+al+(178-190). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1, 178–190.

Pulizzi, J. (2013). Epic Content.

Putri Adilla, C. H. (2006). Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. 455–466.

Rahayuningtias, P. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Kosmetik Ms Glow (Studi pada Konsumen Ms Glow Aesthetic Clinic Malang). Jurnal Manajemen, 158.

Saputra, G. G., & Fadhilah. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun