PENGARUH KNOWLEDGE, SKILL, ABILITY, DAN ATTITUDE TERHADAP KINERJA DEBT COLLECTOR PT BCA FINANCE DI MADIUN

Dinda Amalia Rachmawati

Abstract


Kinerja merupakan hasil kerja dalam pekerjaan yang bergantung pada kapasitas yang melekat pada seseorang atau kapasitas yang diperoleh melalui pengalaman yang berkembang untuk bekerja pada pameran seseorang dan mencapai tujuan organisasi atau hararki. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bukti empiris dalam Pengaruh Knowledge, Skill, Ability, dan Attitude Terhadap Debt Collector Pada PT BCA Finance Di Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah sebanyak 53 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji sobel. Hasil penelitian membuktikan bahwa knowledge, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Ability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara keseluruhan knowledge, skill, ability, dan attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja

Kata Kunci: Knowladge, Skill, Ability, Attitude, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Arini, K. R., Mukzam, M. D., & Ruhana, I. (2015). KARYAWAN ( Studi Pada Karyawan Pt Perkebunan Nusantara X ( Pabrik Gula ) Djombang Baru ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1–9.

Boutler, N. (2003). People and Competencies: The Route To Competitive Advantage. Terjemahan Gramedia.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadameidia Group.

Darmawan, A. S., & Hamid, D. (2013). Pengaruh motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1–9.

Etik, E. T. (2014). Pentingnya Knowledge, Skill, Attitude Dan Kompetensi Untuk Mewujudkan Kinerja Yang Profesional (Studi Kasus Pada Asn Di Kodiklatal Morokrembangan Surabaya). Hukum Dan Ilmu Sosial, 1–35.

Gordon, G. (2013). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Maxikom.

Haji, W. H., Madiistriyatno, H., Widayati, C. C., & Usman, M. (2021). The Influence Of Knowledge Management, Skill, And Attitude On Employee Performance. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 569–579.

Handoko, H. (2016). Manajemen. BPFE.

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya manusia, Cetakan Kedelapan Belas. PT. Bumi Askara.

Hasibuan, M. S. . (2017a). Manajemen Sumber Daya manusia, Cetakan Kedelapan Belas. PT. Bumi Aksara.

Husna. (2022). Pengaruh Knowledge, Skill, Dan Attitude Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang. Universitas Hasanuddin.

Kadarisman, M. (2016). Manajemen Kompensasi. PT. Rajagrafindo Persada.

Kandou, Y. L., Lengkong, V. P.., & Sendow, G. (2016). Pengaruh Knowledgemanagement, Skill Dan Attitude Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Bank Sulutgo Kantor Pusat Di Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 147–158.

Lian, A. M. (2013). Analisi Spengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Bukopin, Tbkcabang Makassar. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Mahfud, Y. (2019). Pengaruh Knowledge Management, Skill dan Attitude Terhadap Employee Percformance (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo ). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 2(1), 107–119.

Mangkunegara, A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cetakan Ke). PT. Remaja Rosdakarya.

Mayasari, L. D., & Tridayanti, H. (2019). The Effect of Work Skills, Work Attitude , Work Knowledge on Work Competence and Employee Performance in Galaxy Mall Shuang Surabaya. Journal of World Conference (JWC), 1(1), 77–82.

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi,. PT RajaGrafindo Persada.

Moulina, E. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. Program D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 2019.

Muazansyah, I. (2018). Pengaruhkemampuan Kerja (Work Ability) Dan Kualitas Kerja (Work Quality) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Didinas Sosial Kabupaten Bangkalan. Jurnal Aplikasi Administrasi, 21(1), 49–61.

Muchtamin. (2021). The Influence of Knowledge, Skill , Attitude , and Professionalism on the Individual Performance of Bankers , Lecturers , Teachers and Nurses in Jabodetabek. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1704–1714.

Nurannisa, R. D. (2020). Nurannisa, R.D. (2020). Pengaruh Skill, Knowledge Dan Attitude Terhadap Kinerja Pegawai Pada BNI Syariah Palangka Raya. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syar. . Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.54783/jin.v3i1.361

Omollo, P. A. (2015). Effect of motivation on employee performance of commercial banks in Kenya: A case study of Kenya Commercial Bank in Migori County. International Journal of Human Resource Studies, 5(2), 87–103.

Padang, N. R. K., & Sihombing, S. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemampuan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hilon Sumatera. Urnal Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 151–162.

Pasaribu, G. (2021). Pengaruh Knowledge Management, Skills, Ability Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Mitra Beton Mandiri Pekanbaru. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Robbins. (2015a). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Salsabila, D. H., & Silvianita, A. (2021). Pengaruh Knowledge Management, Skill, Dan Attitude Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Estate Management PT Jababeka Infrastruktur Water Treatment Plant II Cikarang. E-Proceeding of Management, 8(2), 1369–1379.

Sari, N., Arifin, R., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Knowledge Management, Skill, Attitude Dan Ability Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 3, 1–16.

Sariwanto, Hajar, I., & Nur, M. (2021). The Influence of Knowledge, Attitudes, and Skills on Employee Performance at Baito Sub-District Office, South Konawe Regency. GSJ, 9(5), 1652–1659.

Setiono, B. A., Andjarwati, T., Susilo, K. E., Budiarti, E., & Soemadijo, P. S. (2021). The Influence of Competence with the Elements of Knowledge, Understanding, Ability / Skills, Values, Attitudes and Interests on Employee Performance at the Tanjung Perak Port Authority Office in Surabaya. Archives of Business Research, 9(3), 225–234.

Soehardi, S. (2016). Perilaku Organisasi. Gadjah Mada University Press.

Solihin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Budi Luhur.

Sudrajat. (2017). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Surya, W. A., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2014). Pengaruh Employee Knowledge, Skill, Dan Ability (Ksa) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Sumberdaya Manusia Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 1–7.

Syarifuddin, S. (2021). The Effect of Knowledge Management, Skill and Attitude on Employee Performance at Telkom Education Foundation. Webology, 18(2), 1095–1102. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I2/WEB18377

Untari, N. P., Sudarwati, & Wulan, I. A. D. P. W. (2018). Analisis Attitude, Knowledge dan Skill terhadap Kinerja di Hotel (Studi Tentang Kinerja Alumni Victoria Hotel School). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 25–31.

Widjaja, D. C., Melinda, L., & Yuliana, S. (2019). Pengaruh Knowledge, Skill, Ability, Attitude Terhadap Kinerja Karyawan Jw Marriott Hotel Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 7(2), 471–485.

Widodo. (2015a). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori PerencanaanStrategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi. Mangga Media.

Winardi. (2015). Manajemen Prilaku Organisasi. Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun