PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN, DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Di Ponorogo)

Tariska Diyah Novi Mega Putri, Apriyanti Apriyanti, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan secara parsial mempengaruhi loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia di Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif di mana data yang berasal dari jawaban kuesioner yang telah dikuantitatifkan dengan pembobotan jawaban responden, dianalisis secara statistik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 384 dengan metode purposive sampling. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia Ponorogo, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia Ponorogo, dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia Ponorogo.

Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Barnes, J. G. (2003). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: Media Ulama.

Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1258–1266. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.919

Kasmir. (2017). Custemer Service Excellent : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga. p125.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers Trust in a Brand and The Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4, 341–370.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Hartono. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT . Tempo Cabang Tegal. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(1), 26–38.

Nanggala, A., Orivia, A. I., Cantika, J., & Suyatno, A. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( studi pada toko kue lumpur bakar shekinah ).

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212

Tandjung. (2004). Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua. Malang : Penerbit Bayumedia.

Wibisono, P. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun