PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING MUAMALAT DIN (DIGITAL ISLAMIC NETWORK)

Nado Amanda Rohman, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi manfaat, persepsi keamanan dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking muamalat DIN pada Bank Muamalat Kota Madiun. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan terdiri dari beberapa hipotesis awal penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank muamalat Kota Madiun yang belum menggunakan aplikasi mobile banking M-DIN penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik sampel tersebut ditentukan 400 sampel sebagai responden penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuisioner serta memanfaatkan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi keamanan dan persepsi kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking muamalat DIN.

Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Minat Menggunakan.


Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, I. G. B. P. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 135–153.

Adzima, F., & Ariyanti, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Pada Nasabah Bank Bri Purwakarta Analysis of Factors Influencing Interest in Using Mobile Banking Application on the Customer Bank Bri Purwakarta. E-Proceeding of Management, 5(2), 1584–1592.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Handayani, S. D. (2020). Pengaruh Brang Image, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS (Center For Acedemic Publishing Sarvice).

Hermanto, Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Journal of Economics and Business, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78

Jogiyanto. (2009). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Lallmahamood, M. (2007). An Examination of Individual’s Perceived Security and Privacy of the Internet in Malaysia and the Influence of this on their Intention to Use E-commerce: Using an Extension of the Technology Acceptance Model. Journal of Internet Banking and Commerce, 12(3), 1–26.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers Trust in a Brand and The Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4, 341–370.

Laudon. (2012). Management Information Systems - Managing The Digital Firm 12th Edition. Pearson Prentice Hall.

Mukminin, M. A., & Latifah, F. N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Islamic Banking and FInance Journal, 4(1).

Pahlawan, M. R., Laba, A. R., Pakki, E., Hardiyono, & Nurlia. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Perusahaan Dearah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. Journal of Business Administration, 3(2), 228–244.

Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Montor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1674–1700.

Rahardjo, B. (2005). Laporan Keuangan Perusahaan, seri membaca, memahami, menganalisis. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ramadhan, D. S., Anshori, A., Iswati, S., & Herianingrum, S. (2018). Analysis of The Disclosure of Greenhouse Gas Emissions and Environmental Performance in Listed Firms at Jakarta Islamic Index (JII). Proceedings of the 1st International Conference Postgraduate School Universitas Airlangga: “Implementation of Climate Change Agreement to Meet Sustainable Development Goals” (ICPSUAS 2017), 98(Icpsuas 2017), 36–40. https://doi.org/10.2991/icpsuas-17.2018.9

Stefanie. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking di Bank Sinarmas Cabang Batam. UP Batam.

Todaru, S. (2005). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Penerjeman : Haris Munandar. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun