ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ANGKRINGAN LUMINTU DI KOTA MADIUN

Yogi Hardika Setiawan, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh faktor kualitas layanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen angkringan lumintu di Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Madiun yang pernah melakukan pembelian minimal 1 kali di angkringan lumintu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 384 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini yaitu faktor kualitas layanan tangible berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, faktor kualitas layanan reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, faktor kualitas layanan responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, faktor kualitas layanan assurance berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, faktor kualitas layanan empathy berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dan faktor kualitas layanan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Faktor Kualitas Layanan Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Konsumen.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survey pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo)”. Jurnal Administrasi Bisnis, 2017.

Ansifino. Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Arie Sulistyawati, Ni Made. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar,” Jurnal Manajemen Unud, 2015.

Barata, Atep. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004.

Efendi, J. "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung" . Jurnal Manajemen, 2014.

Fikri, Sirhan, Wahyu Wiyani, and Agung Suwandaru. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2016.

Handayani, S.B, and M Taufik. “Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan Yang Dipengaruhi Lokasi, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Warga Kos Di Kota Semarang),” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akutansi, 2017.

Hanifa, R. "Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Layanan Go-Ride pada Bisnis Jasa Transportasi Go-Jek di Kota Palembang". Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2019.

Indriyatni, Lies. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Dan Kecil”, 2013.

Iqbal, Bapak. Angkringan Lumintu, 13 Mei 2023.

———. Pesaing Angkringan Lumintu di Kota Madiun, June 25, 2023.

Irwana, A. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Makassar,” 2017.

Kaengke, B. L. "Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tateli". Jurnal Productivity, 2022.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2009.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, 2003.

L.A.M, Rismayanti. “Rekomendasi Paket Menu Angkringan Aru Tanjung Bias Dengan Algoritma Frequen Pattern Growth Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 2021.

Lovelock, C. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif . Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Lusiana, Lusiana, Salamun Pasda, Mustari Mustari, Muhammad Ihsan Said Ahmad, and Muhammad Hasan. “Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen GrabBike.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 3, no. 2 (2020): 34. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14307.

Marnovita. "Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan". Psikoborneo, 2020.

Marlina, E. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink,” Jurnal Pedagogik, 2020.

Maulidi, Rachmad Hari. “Analisis Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Go-Food (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkucewara Malang),” 2020.

Mulyapradana, Aria. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Tempo Cabang Tegal,” Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 2020.

Mustofa, Bisri. Metode Menulis Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta, 2009.

N, Oktavia, and Hafizi M.R. “Peluang Bisnis Angkringan Di Kota Palangkaraya,” Jurnal Al- Qardh, 2, no. 2 (2017): 101–8.

N.F.A, Melinda. “Pengaruh Harga Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Angkringan Di Kelurahan Sendanggad, Mlati, Sleman.,” Jurnal Manajemen, 2014.

Nugroho, A. "Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express saat Harbolnas di E-Commerce". Diponegoro Journal of Management, 2018.

Nurcahyono, Okta Hadi. “Mekanisme Bertahan Pedagang Angkringan Di Era Disrupsi (Studi Modal Sosial Pada Pedagang Angkringan Di Kawasan Jl. Ki Hadjar Dewantara, Surakarta),” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 2014.

Patri, Eko. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Just Café Di Makassar,” Jurnal Manajemen, 2021.

Prasetyorini. Kualitas Pelayanan Jasa. Jakarta: Esensi Erlangga, 2003.

Purnomo, Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Ramadhan, F. "Kualitas Pelayanan sebagai Determinan Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi GrabBike di Yogyakarta". Jurnal Fokus, 2019.

Rustanti, N. Buku Ajar Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Sangadji, E. M, and Sopiah. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi, 2013.

Sari, H. "Pengaruh Dimensi Kulaitas Pelayanan (Tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance) terhadap Kepuasan Pelanggan Angkrutan Ojek Online Go- Jek pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung", 2018.

Savafy, Vinny Dwi Rahmi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar,” Jurnal Manajemen, 2021.

Setiawan, Ajis, Nurul Qomariah, and Haris Hermawan. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA, 2014.

———. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.

Sulistiyowati, Wiwik. Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. 1st ed. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.

Tjiptono, F, and G Chandra. Service, Quality and Satistfaction. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Triastity, Rahayu, and SL Triyaningsih. “Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2013.

Wibowati, J. I. "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Muarakati Baru Satu Palembang". Jurnal Administrasi Bisnis, 2023.

Widyadmono, V Mardi, and Lilis Endang Wijayanti. “Warung Angkringan Bertahan Di Tengah Jaman: Membangun Kepuasan Melalui Kualitas Layanan,” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 12, no. 1 (2023): 37–39.

Wijaya, Toni. Manajemen Kualitas Jasa. 1st ed. Jakarta: PT. Indeks, 2011.

Wulandari, Fitria. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Ayam Penyet Jogja Di Aceh Barat Daya.,” Jurnal Manajemen, 2020.

Wulansari, R. "Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret cabang Pondok Ranji". Jurnal Ekonomi Efektif, 2020.

Yuniarti, V. S. Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. 1st ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Zeithml, Valarie. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. McGraw-Hill: Singapore, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun