PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET GOPAY DI MADIUN

Lowinta Widyadari Xaveiryus, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Perkembangan Fintech mendorong kebiasaan baru dimana seseorang lebih memilih sesuatu yang bersifat praktis seperti melakukan transaksi menggunakan e-wallet. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris dari masing-masing variabel yaitu adanya pengaruh dari persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-wallet gopay di Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada pengujian hipotesis dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling dengan proses pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form kepada 384 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji data statistik adalah software SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet Gopay di Madiun, persepsi manfaat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet Gopay di Madiun, persepsi keamanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet Gopay di Madiun dan kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet Gopay di Madiun.

Kata Kunci: Minat Menggunakan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, Kepercayaan, Minat Menggunakan

Full Text:

PDF

References


BI. (2020). Sekilas Sistem Pembayaran di Indonesia. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx

Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Chandra, I. R. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Computer Self Efficacy Terhadap Minat Penggunaan E-SPT Dalam Pelaporan Pajak.Jurnal Nonminal, Volume V.

Davis. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, Vol.13.

Desky, H., Murinda, R., & Razali, R. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online. Owner, 6(2), 1812–1829. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772

Ernawati, N. (2020). Jurnal Manajemen STEI Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 03(02). www.bi.go.id/id/statistik

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. Dalam Source: MIS Quarterly (Vol. 27, Nomor 1).

Ibrahim, R. M., & Moeliono, N. N. K. (2020). Persepsi Konsumen Pada My Pertamina (Studi Pada Penggunaan My Pertamina Kota Bandung). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Accredited SINTA, 4(2), 396–413. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Jogiyanto. (2007). Analisis & Desain: sistem informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Andi Offset.

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmia Akuntansi dan Teknologi.

Rofiq, A., & Mula, J. (2010). The Effect of Customers’ Trust on E-Commerce: A Survey of Indonesian Customer B to C Transactions.

Sati, & Ramaditya. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card).

Susilo, W. T. (2017). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank Mandiri Vol.4. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4688/4448

Tsiakis, T., & Sthephanides, G. (2005). The concept of security and trust in electronic payments. Computers and Security, 24(1), 10–15. https://doi.org/10.1016/j.cose.2004.11.001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun