PENGARUH PROMOSI, MOTIVASI HEDONIS, FoMO, DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA MADIUN

Yesica Probo Ningtyas, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya Pengaruh Promosi, Motivasi Hedonis, FoMO, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Pengguna Shopee di Kota Madiun (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Madiun) dengan pengambilan sampel sebanyak: 384 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 3. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian in menggunakan uji outer model yang terdiri dari (uji convergent validity, average variance extracted (AVE), dan discriminant validity), uji reliabilitas, uji inner model R-square (R2), Predictive Relevance (Q2), dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Kota Madiun, motivasi hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Kota Madiun, FoMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Kota Madiun,, dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Kota Madiun.

 

Kata Kunci: Desain Produk, FoMO, Keputusan Pembelian, Motivasi Hedonis, Promosi


Full Text:

PDF

References


Abdinegoro, T. S. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Aplikasi Tiktokshop: Live Streaming Shopping, Customer Engaggement, Hedonic Value Dan Fomo (Fear Of Missing Out).

Andrews, & Shimp. (2018). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (10th editi). Cengage Learning.

Anwar, S., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Desain Produk, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Perintis Indonesia). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 151–160. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19039

Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Astiana, Mustari, Supatminingsih, T., Said, M. I., & Hasan, M. (2021). Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap keputusan Pembelian melalui sistem E-Commerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. 1(3), 14–26.

Febriana, L. A., & Samboro, J. (2021). Pengaruh Motivasi Berbelanja Hedonis dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Malang.

Guntari, D. D., & Halim, P. A. (2021). Jurnal E-Bis ( Ekonomi-Bisnis ) Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal E-Bis, 5(2), 295–307.

Handayani, J., Derriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goods. 10(1), 91–103. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Hanif, A. F., & Rachma, N. (2017). Pengaruh Kualitas, Harga, Citra Merek Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Indigo Jombang. 82–94.

Hidayaty, N., Ginting, G., & Kurniawati, K. (2022). Pengaruh Relationship Quality, Brand Experience dan Desain Produk dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening terhadap Keputusan Pembelian Produk Peralatan Rumah Tangga. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 138–156. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Kaczmarek, L. . (2017). Hedonic Motivation. Springer International Publishing.

Karimah, D. Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Motivasi Hedonis, Brand Image, Dan Customer Attitudes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow (Studi Pada Mahasiswa Unsoed, Ump Dan Uin Saizu).

Kotler, & Amstrong. (2017). Principles of Marketing.

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing (Edisi Ke T). Salemba Empat.

Kumbara, V. R. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Khalifah Mediatama.

Lestari, D. A., & Tiarawati, M. (2020). The Effect of Hedonic Motivation and Consumer Attitudes Towards Purchase Decision on K-Pop CD Albums ( Study on KPOPSURABAYA Community ). 3(2), 66–72.

Mardiana, A. P. (2020). Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Motivasi Hedonis, Utilitarian, Promosi Penjualan Dan Minat Konsumen. Jurnal Bisnis & Manajemen, 20, 1–14.

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia Di Bandar Lampung ). 4(2), 62–69.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di Yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.

Pradnyana, I. P. Y., & Susila, G. P. A. J. (2022). Pengaruh Kualitas Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Almaz Pada Masyarakat Di Bali. 8(2), 470–475.

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Benefit Perception Analysis, Risk Perception, Hedonic Motivation, Psychological Factors, Web Design To Online Shop Purchase Decisions. Relevance: Journal of Management and Business, 4(1), 039–057. https://doi.org/10.22515/relevance.v4i1.2883

Przybylski, A., Murayama, K., DeHaan, C., & Gladwell, V. (2013). Motivational, Emotional, And Behavioral Correlates of Fear of Missing Out. Computers in Human Behavior.

Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–9.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). “Pengaruh Flash sale terhadap Keputusan Pembelian Impulsif dengan FoMo (Fear of Missing Out) sebagai Variabel Moderasi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Saftari, K. S., & Samboro, J. (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Keputusan Pembelian.

San, L. Y., Hock, N. T., & Yin, L. P. (2019). Purchase Intention Towards Korean Products Among Generation Y In Malaysia.

Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku konsumen : perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen (Edisi keti). Prenadamedia Group.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Syafaah, N., & Santoso, I. H. (2022). Fear of Missing Out dan Korean Wave : Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 405–414. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.239

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.

Widodo, S. E. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun