PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN (Studi Kasus Followers Instagram @madiunngemil)

Mutiara Citra Dewi, Rizal Ula Ananta Fauzi, Dwi Murniyati

Abstract


Tujuan penelitian guna mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh kepercayaan (studi kasus followers instagram @madiunngemil). Metode penelitian yakni kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diteliti sebanyak 399 responden yang merupakan followers dari @madiunngemil. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh kepercayaan.


Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Kepercayaan


Full Text:

PDF

References


Abednego, F., Chandra, K., Lu, C., & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Pada Instagram Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57–73.

Alika, F. A. P. (2022). Kualitas Informasi Pada Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Pengetahuan Bisnis Kuliner. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 223–226.

Aprilia, M. P. (2020). Pencarian Informasi oleh Foodie pada Foto Makanan di Instagram. Komunikasi Nusantara, 2(1), 56–66. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.40

Arohman, S. I., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan E-Wom Terhdap Keputusan Pembelian di Mediasi Kepercayaa. J-MAS Jurnal Manajemen dan Sains, 8(1), 499–510. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.791

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apjii.or.id

Coursaris, C. K., Van Osch, W., & Albini, A. (2017). What drives perceptions of review trustworthiness in electronic word-of-mouth: An experimental study of TripAdvisor. Atas Da Conferencia Da Associacao Portuguesa de Sistemas de Informacao, 17, 111–126. https://doi.org/10.18803/capsi.v17.111-126

Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3784–3813.

Dinas Kominfo. (2021). Inotec Award 2021: Aplikasi Pro UMKM Pemkot Madiun Tuai Manfaat. Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/inotec-award-2021-aplikasi-pro-umkm-pemkot-madiun-tuai-manfaat

Emeralda, Wulandari, J., & Adistya, D. (2022). Analisis E-trust, E-wom dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2), 63–75. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i2.19

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for E Service Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Instagram : Peran Trust Sebagai Variabel Mediator. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 14(3), 296–309.

Ihsan, B. W., Abidin, Z., & Kuleh, J. (2021). The Effect of Electronic Word of Mouth Communication and Website Quality on Purchase Decisions through Trust as a Mediation Variable at Ruparupa . Com in Samarinda. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 12776–12785. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5119

Isa, M., & Istikomah, R. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 21(2), 98–110.

Kotler, P., & Keller, K. . (2017). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brnd Ambasdor dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. IQTISHA Dequity, 2(2), 113–126.

Lesmana, D., & Valentina, G. M. (2021). Digital Marketing Rumah Makan Padang Melalui Instagram Berdasarkan Social Construction of Technology Digital Marketing of Padang Restaurant through Instagram Based on Social Construction of Technology. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 2(1), 17–32. https://doi.org/: https://doi.org/10.37535/103002120212

Listianayanti, I. G. A. P., Wisudawati, N. N. S., & Syarofi, M. (2023). The Influence of E-Service Quality, E-Trust and E-WOM on Live Streaming Purchase Decisions. Jurnal Riset Ekoomi dan Bisnis, 17(2), 199–210. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/001/article/view/1105

Meltwater, & We Are Social. (2023). Digital 2023 Global Overview Report. https://www.meltwater.com/en/global-digital-trends

Nur, D. S., & Octavia, A. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Marketplace Shopee di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 11(02), 387–399.

Populix. (2023). Memahami Trend Makan dan Minum Gen Z dan Milenial. https://info.populix.co/report/

Prasad, S., & Gupta, I. C. (2017). Social Media Usage, Electronic Word Of Mouth and Purchase Decision Involment. In Asia-Pacific Journal of Business Administration, 9(2). https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2016-0063

Pribadi, M. A. (2022). Ekologi Media pada Generasi Z ( Studi Kasus Penggunaan Instagram Mahasiswa Universitas di Jakarta Barat ). Koneksi, 6(1), 49–54.

Putra, R. R., Nawawi, D. A., & Pratami, M. (2021). Pengaruh E-WOM Terhadap Keptusan Pembeian Pada Online Travel Agent. SEMESTA, 64–71.

Ranti, N. Q., B, D. A. A., & Ellitan, L. (2023). The Impact of Security and e-WoM to Purchase Decision with Trust as Mediator in Online Shopping Through the Shopee Application. Proceedings of the 4th Asia Pacific Management Research Conference (APMRC 2022), 346–359. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-076-3

Rizqi Arifudin, M., & Irwansyah. (2019). Dari Foto dan Video ke Toko : Perkembangan Instagram Dalam Perspektif Konstruksi Sosial. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 3(1), 37–35.

Rooselinda, A. I. M., & Harliwong, D. A. (2022). Manfaat Electronic Word of Mouth Pada Keputusan Pembelian ( Studi Kasus : @ Afterglow. Thelabel ). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 5(1), 1–16.

Sholikhah, P. A. (2020). Kota Madiun, Kota Yang Punya Banyak Julukan. Madiunpos.com. https://www.madiunpos.com/kota-madiun-kota-yang-punya-banyak-julukan-1046338

Sindunata, I., & Wahyudi, B. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Stefanny, N., Rahmiati, F., Roni, M., & Mara, U. T. (2022). The Role of Brand Image and Brand Trust in Mediating The Influence of E-Wom on Purchase Decision (Case of Video On Demand Netflix). IDEAS: Journal of Management and Technology, 2(1), 12–21.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Persepsi, Risiko, Kepercyaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v11.i01.p10

Yohansyah, F., & Rodhiah. (2022). Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood dengan Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 04(01), 89–98.

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55–69.

Zanjabila, Z., Yudhiantoro, D., Suryono, I. A., & Amajida, A. (2023). The Influences of Social Media Marketing , E-Wom , and Information Quality on Purchasing Decisions through Trust as The Mediation. International Journal of Multidisciplynary Research and Analysis, 06(04), 1649–1655. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i4-39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun